Inilah Pupuk Organik Cair Buatan Kelompok Usaha Masyarakat Sei Duku

Program klaster berdaya yang merupakan program pemberdayaan PKPU Human Initiative (HI) Riau telah membentuk kelompok usaha

Inilah Pupuk Organik Cair Buatan Kelompok Usaha Masyarakat Sei Duku
hendri
Pupuk Organik Super Hara EG-21 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Program klaster berdaya yang merupakan program pemberdayaan PKPU Human Initiative (HI) Riau telah membentuk kelompok usaha bersama di Kelurahan Tanjung RHU Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru, tepat nya di sekitar pelabuhan Sei Duku.

Melalui pemanfaatan tumbuhan yang tumbuh subur di pinggiran sungai siak yaitu Eceng Gondok, yang kemudian diolah oleh kelompok usaha masyarakat Sei Duku tersebut, telah berhasil menjadi sebuah produk unggulan dalam bentuk Pupuk Organik Cair, yang diberi nama PUPUK ORGANIK SUPERHARA EG-21.

Baca: Padahal Sudah 16 Tahun Jadi Pembungkus Mayat, Warga Syok Lihat Kondisi Kafan Saat Ditemukan

Sebelumnya tumbuhan eceng gondok yang tumbuh subur berbentuk hamparan di pelabuhan Sei Duku dan kawasan lain di sekitarnya ini ternyata banyak mengganggu alur sungai siak dan menghalangi lalu lintas perahu tradisional. Sehingga tumbuhan ini kadang menggangu kelancaran perjalanan perahu para nelayan.

Selain itu juga, eceng gondok memiliki laju pertumbuhannya yang sangat cepat. Tumbuhan air ini menjadi gulma air dan menyebabkan banyak kerugian yaitu berkurangnya produktivitas badan air seperti mengambil ruang, dan unsur hara yang juga diperlukan ikan.

Baca: Mengenaskan, Saudara Kembar Ini Tewas Tersambar Petir, Begini Jasadnya Saat Ditemukan

Kepala Cabang PKPU HI Riau, Afrizal Mushavi mengungkapkan, dengan adanya pemanfaatan eceng gondok ini diharapkan dapat sedikit membantu memperbaiki sungai, juga menciptakan lingkungan yang bersih dan aliran sungai pun tidak terganggu.

Program Klaster Berdaya bekerjasama dengan CSR PT Pertamina Tbbm Sei Siak bersama PKPU HI Riau, bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat terutama masyarakat yang berada di Sei Duku.

Baca: Sumbangkan Tabungan untuk Korban Perang Palestina dan Suriah, Isi Surat Bocah Ini Bikin Hati Meleleh

Halaman
12
Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help