Begini Cara Bupati Harris Menyeleksi Pejabat yang akan Dimutasi

Bupati Pelalawan HM Harris mengumumkan akan menggelar mutasi jabatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemkab, Senin.

Begini Cara Bupati Harris Menyeleksi Pejabat yang akan Dimutasi
TRIBUNPEKANBARU.COM/JOHANNES TANJUNG
Bupati Pelalawan HM Harris 

Laporan Wartawan Tribunpelalawan.com: Johannes Wowor Tanjung

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Bupati Pelalawan HM Harris mengumumkan akan menggelar mutasi jabatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemkab, Senin (16/4/2018).

Rencana mutasi disampaikan Bupati Harris secara terbuka dalam forum coffee morning pejabat.

Dalam menyeleksi pejabat yang akan dimutasi, Bupati Harris memiliki cara tersendiri agar lebih efektif dan efisien. Harris meminta seluruh kepala OPD untuk mengevaluasi siapa saja peabat di instansinya yang layak diganti.

Baca: Lama Tak Terdengar Seperti Apa Ya Kini Sony Wakwaw? Begini Dia Sekarang!

Tentunya dengan berkaca ke hasil evaluasi kinerja pejabat yang bersangkutan selama ini. Penilaian lain yakni kedisiplinan atau kehadiran serta loyalitas dalam menjalankan program kerja.

Kemudian para pejabat eselon III dan IV yang harus dirolling itu disusun dalam catatan khususnya yang diserahkan kepada Bupati Harris.

Dengan cara ini akan lebih mudah mempertimbangakan seorang pejabat masih bisa dipertahankan atau selayaknya diganti.

"Catatan itu sudah harus diserakan ke saya paling lambat minggu depan. Akan ketahuan siapa yang akan dipindahkan, siapa yang cocok menjabat, bahkan yang non job," beber Harris kepada tribunpelalawan.com.

Dalam proses seleksi, Harris memerintahkan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tengku Mukhlis, Inspektorat, serta asisten Sekda yang sesuai bidang masing-masing, untuk melakukan pendampingan dan pengawasan langsung ke OPD-OPD.

Baca: Sopir Taksi Online Sempat Bikin Heboh karena Ludahi dan Lindas Kaki Polisi, Akhirnya Nangis

Hal ini menghindari adanya kepentingan atau permaninan kepala OPD dalam mengevaluasi bawahannya.

"Kan kepala OPD ada juga permainannya neh. Apakah itu saudaranya, keluarga teman, atau titipan. Kita mau menghindari itu. Cari orang yang betul mau bekerja," tegasnya.

Namun saat didesak mutasi hanya untuk pejabat eselon III dan IV, Harris belum bisa menjamin. Tak menutup kemungkinan kepala SKPD juga akan ditukar apabila kinerjanya selama ini buruk.

"Kalau sebelum puasa selesai semua, langsung kita lantik," tandasnya. (*)

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help