Pengerjaan Belum Tuntas, Apa Kabarnya Embarkasi Haji Antara Riau?

Pihaknya tetap menunggu putusan dari Kemenag RI, dan belum bisa berbuat apa-apa

Pengerjaan Belum Tuntas, Apa Kabarnya Embarkasi Haji Antara Riau?
Foto/Istimewa
Sekretaris Daerah Provinsi Riau, didampingi Asisten I Setda Provinsi Riau Ahmad Syahrofi dan Kepala Biro Kesra Masrul Kasmy menemui Dirjen Haji dan Umroh Kemenag RI Prof. Dr. Nizar, M.Ag di Jakarta Jumat (13/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander 

Tribunpekanbaru.com, PEKANBARU– Kemenag Riau masih menunggu hasil putusan Kementerian Agama (Kemenag) RI terkait penggunaan embarkasi haji yang berlokasi di belakang kantor DPRD Riau, pada tahun 2018 ini.

Pasalnya embarkasi tersebut hingga saat ini masih belum tuntas pengerjaannya, sementara, hal tersebut merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh Pemprov Riau, agar embarkasi tersebut bisa dimanfaatkan jamaah tahun ini, dan tidak perlu lagi menginap di Batam seperti biasanya.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Riau, Erizon Effendi mengatakan, pihaknya dan pihak Pemprov Riau telah menggelar rapat bersama untuk menggesa persiapan asrama haji yang akan dijadikan embarkasi haji antara Riau tersebut, pada Senin (16/4/2018) pagi, di kantor Gubernur Riau.

Baca: Prabowo: Saya Sudah Berjuang Seperti Ini, Masa Ujungnya Cuma Jadi Cawapres Pak Jokowi?

Baca: Prabowo Dikabarkan Minta 7 Kursi Menteri Jika Jadi Cawapres Jokowi, Ini Tanggapan Gerindra

Dalam rapat tersebut menurut Erizon, Pemprov Riau menyatakan telah mendapatkan sinyal untuk penggunaan embarkasi haji tersebut di tahun 2018 ini, namun menurutnya belum ada kepastian dari Kemenag RI, apakah syaratnya harus diselesaikan dulu berupa bangunan fisik atau diberikan izin terlebih dulu dan penyelesian fisik menyusul.

“Pembicaraan tadi memang sudah mengarah pada embarkasi haji. Kata Sekda Pemprov Riau, dirjen haji memberikan sinyal, dan masih ada kemungkinan tahun 2018 ini diselesaikan, dan digunakan untuk embarkasi haji. Tapi belum tau, apakah sinyal tersebut akan dikeluarkan izinnya dulu, atau diberikan waktu untuk memenuhi syarat secara lengkap,” kata Erizon kepada Tribunpekanbaru.com, Senin.

Namun demikian, menurut Erizon, pihaknya tetap menunggu putusan dari Kemenag RI, dan belum bisa berbuat apa-apa, karena sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi langsung dari Kemenag RI.

“Kami tetap menunggu dari pusat, domain kami hanya izin itu saja, kalau soal bangunan fisik itu dari Pemprov Riau. Kami bukannya tidak mendukung, bahkan sangat mendukung sekali, bahkan kami sudah rencanakan kalau memang izinnya keluar, kami akan melakukan studi banding ke Lampung. Pihak Kemenag bukannya tidak mau, tapi tentunya punya pertimbangan, kalau tidak tuntas dan dipaksakan, nanti pihak Kemenag juga yang akan disalahkan karena memberikan izin untuk embarkasi yang sebelarnya belum siap,” imbuhnya.

Halaman
123
Penulis: Alex
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help