TribunPekanbaru/

KPU Sijunjung Coklit di Rumah Raja Ibadat Kerajaan Jambu Lipo

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung mengunjungi rumah Raja Ibadat Kerajaan Jambu Lipo, Sultani Bagindo Rajo Indo untuk coklit

KPU Sijunjung Coklit di Rumah Raja Ibadat Kerajaan Jambu Lipo
Foto/Istimewa
Anggota KPU Sijunjung, Lindo Karsyah menempelkan stiker tanda sudah terdaftar sebagai pemilih Pemilu 2019 di rumah Rajo Ibadat Kerajaan Jambu Lipo, Sultani Bagindo Rajo Indo di Nagari Lubuk Tarok, Selasa (17/4/2018) 

TRIBUNPADANG.COM, SIJUNJUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung mengunjungi rumah Raja Ibadat Kerajaan Jambu Lipo, Sultani Bagindo Rajo Indo untuk pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilu 2019, di Nagari Lubuk Tarok, Selasa (17/4/2018).

Anggota KPU Sijunjung, Lindo Karsyah langsung mendampingi Pantaralih TPS 14 guna coklit tersebut.

Baca: Kecelakaan Maut Mobil Travel di Baso, 3 Orang Tewas Setelah Tabrak Mobil Angkut Pupuk

“Kita sengaja melakukan coklit di rumah raja sebagai public leader. Raja bagi masyarakat Sijunjung adalah tokoh informal sebagaimana juga posisi para datuk atau penghulu di perkauman atau persukuan. Dengan dijadikan raja sebagai pemilih pertama yang dicoklit, diharapkan member syiar dan gema kepada khalayak,” kata Lindo yang juga didampingi PPK Lubuk Tarok, dan PPS Nagari Lubuk dalam rilis yang diterima Tribunpadang.com.

Raja yang mendapat coklit pertama merasa senang. Ketika disampaikan prosedurnya, raja langsung mengeluarkan KTP elektronik dirinya dan keluarga.

Di rumah raja, ada empat pemilih, yaitu istri dan anak serta menantunya. Setelah coklit selesai pantarlih menempel stiker tanda sudah didaftar di dalam data pemilih.

Selain Lindo Karsyah, Ketua KPU Sijunjung, Taufiqurrahman melakukan coklit ke rumah Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, anggota KPU Sijunjung, Atika Triana ke rumah Wakil Bupati Sijunjung periode 2010-2015, Muchlis Anwar, anggota KPU Sijunjung, Ade Yulanda coklit di rumah Ketua KPU Sijunjung periode 2003-2008, Bukhari dan anggota KPU Sijunjung, Didi Cahyadi Ningrat coklit ke rumah ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau, Epi Radisman.

Baca: Dukung Arif, Nonton Bareng Liga Dangdut Indonesia di GOR UNP Padang Gegap Gempita 

Hari coklit pertama diawali dengan apel kesiapan coklit serentak setiap nagari pada pukul 08.00 WIB. Ada 716 Pantarlih yang melaksanakan apel dan ditambah 366 orang PPS dan secretariat se-Kabupaten Sijunjung serta 48 PPK dan sekretariat se-Kabupaten Sijunjung. (rls)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help