Siak

Pencuri Sikat Elemen Tower SUTT , LIstrik Siak Terancam Gelap Gulita

Pencurian tersebut terbilang sebagai tindakan ekstrem. Karena selama ini jarang terjadi kasus yang demikian.

Pencuri Sikat Elemen Tower SUTT , LIstrik Siak Terancam Gelap Gulita
istimewa
Ratusan batang member tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang berada di Jalan Lintas Timur, Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu hilang dicuri. 

Laporan Wartawan Tribunsiak.com Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Material saluran udara tegangan tinggi (SUTT) tower PLN saat ini rentan dicuri. Di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, sudah 12 titik tower yang hilang dari medio Maret 2018 hingga pertengahan April 2018.

Hilangnya material pada tower SUTT di tepian jalan lintas Pekanbaru-Tualang itu membuat pihak PLN kaget. Pasalnya, tidak mungkin material itu bisa dicuri oleh pencuri biasa, tanpa alat yang lengkap. Material yang hilang itu adalah bracing pada tower PLN.

Baca: Setelah RTRW Selesai, Dewan Berharap Perizinan Investor Akan Lebih Dipermudah

"Letak bracing itu sekitar 35 meter dari permukaan tanah. Si pencuri tentu harus naik setinggi itu lalu memotongnya. Tidak mungkin dipotong dalam waktu singkat, dan tentu alatnya lebih memadai," kata Bagian Teknik PT PLN (Persero) UPPJ Riau dan Kepri, Budi Susilo.

Pada setiap tower, ada sekitar 100 bracing yang sudah dicuri. Sementara jumlah tower yang sudah digerogoti sebanyak 12 titik. Diperkirakan ada 1.200 bracing yang hilang. Hal tersebut membuat pihak PLN harus mengganti bracing yang hilang. Kalau tidak, tower bisa tumbang dan pasokan listrik di kawasan itu akan terganggu.

Menurut dia, pencurian tersebut terbilang sebagai tindakan ekstrem. Karena selama ini jarang terjadi kasus yang demikian. Para pencuri juga diduga nekat naik setinggi 35 meter.

"Pakai alat apa kira-kira pencurinya. Kalau pencuri konvensional tentu mereka menyabung nyawa memanjat dan memotong besi-besinya," kata dia.

Baca: Sempat Putus Akibat Longsor PUPR Siapkan Alat Berat Jalur Rawan longsor Riau - Sumbar 

Tidak hanya itu, material tower milik PLN merupakan objek vital negara. Letaknya tidak jauh dari tepian jalan lintas. Namun tidak seorangpun tahu bracingnya dicuri. "Sejak adanya pabrik baja di Pekanbaru, bracing ini rawan dicuri. Kejadian itu tidak hanya di Siak, tetapi juga sempat terjadi di Pasir Putih," kata dia.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help