Indragiri Hilir

Berharap Unitfikasi Pajak Bisa Menggenjot Pendapatan Asli Daerah Inhil

Berbagai cara terus dilakukan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Berharap Unitfikasi Pajak Bisa Menggenjot Pendapatan Asli Daerah Inhil
b4networks.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com, T. Muhammad Fadhli

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TEMBILAHAN– Berbagai cara terus dilakukan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Satu diantaranya adalah dengan menetapkan Peraturan Daerah (Perda) mengenai Pajak Daerah yang saat ini sedang dalam proses pembahasan Pansus II DPRD Inhil.

Wakil Pansus II DPRD Inhil Muhammat Sabit menuturkan, Perda Pajak daerah yang semula tersebar dibeberapa Perda, saat ini dikumpulkan (unitfikasi) menjadi satu buah Perda agar pengelolaan Pajak Daerah bisa lebih baik dan efektif.

"Kita berharap dengan disahkannya Perda ini kelak akan menambah PAD dari sektor Pajak Daerah," ujarnya kepada Tribun Pekanbaru, Senin (30/4/2018).

Baca: Ini Niat, Doa Serta Tata Cara Salat Sunnah Nisfu Syaban

Baca: Ibu Tinggalkan Anaknya Usia 2 Bulan dan 6 Tahun di Pinggir Jalan, Ngakunya Mau Isi Bensin Dulu

Baca: Nama Anda Tak Masuk DPT Begini Solusi yang Disediakan KPU Riau, Tetap Bisa Memilih

Pria yang akrab disapa Sabit ini menilai rasio kemandirian Kabupaten Inhil saat ini masih rendah yaitu dibawah 10 persen yaitu 0,5 persen.

Merujuk pada persentase itu, menurutnya, APBD Inhil lebih banyak uang dari jakarta dari pada uang yang dihasilkan sendiri melalui PAD.

“Artinya kemampuan kita untuk membiayai daerah ini rendah. Salah satu caranya untuk meningkatkan kemampuan kita untuk membiayai pembangunan daerah yaitu dengan menggenjot penghasilan Pajak Daerah” tutur Politisi Partai Demokrat ini.

Dalam melaksanakan otonomi daerah, menurutnya, tidak semestinya Kabupaten Inhil hanya berharap dari transferan pusat saja, tapi bagaimana caranya bisa membiayai pembangunan daerah.

Baca: Diet Astronot, Cara Turunkan Berat Badan Serta Lemak dalam 13 Hari. Tak Pakai Olahraga! 

Baca: Pengurus DPD I IPK Riau dan DPD II Dilantik, Ini Pesan Ketuanya

“Ada harapan kedepan, pendapatan daerah kita dari sektor Pajak Daerah mengalami peningkatan dengan perbaikan regulasi ini. Mudah – mudah tingkat kesadaran masyarakat juga tinggi dalam membayar pajak untuk turut berpartisipasi dalam rangka membiayai pembangunan daerah ini kedepan,” pungkasnya.

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help