Advertorial

Hari Ini, Perda RTRW Ditandatangani, Tak Boleh Ada Pelepasan Hutan Lindung

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi, saat ini tinggal dilakukan sosialisasi dan menjalankan Perda tersebut.

Hari Ini, Perda RTRW Ditandatangani, Tak Boleh Ada Pelepasan Hutan Lindung
Istimewa
Anggota DPRD Riau, bersama Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi usai harmonisasi RTRW Riau di DPRD Riau, Senin (7/5/2018). 

TRIBUNPEKANBARU.COM -Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi menjanjikan Rencana Peraturan Gubernur (Pergub) Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Provinsi Riau segera ditandatangani Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, Selasa (8/5/2018). Artinya, hari ini, Perda itu sudah sah di Riau.

Janji Sekda itu disampaikan anggota DPRD Riau, Suhardiman Amby kepada wartawan usai melakukan rapat harmonisasi yang dilakukan Pemprov Riau bersama anggota DPRD Riau, di ruang rapat medium DPRD Riau, Senin (7/5/2018).

Dikatakan Suhardiman, dengan sudah ditandatangani RTRW tersebut, maka secara otomatis Riau langsung akan memiliki RTRW.

"Sesuai dengan janji Sekdaprov Riau, Pergub RTRW Riau akan ditandatangani besok (hari ini-red). Artinya, mulai besok, Riau sudah mempunyai Perda RTRW Provinsi Riau tahun 2018- 2038," kata Suhardiman.

Adapun dalam harmonisasi tersebut, menurutnya disepakati bahwa, perusahaan apapun tidak boleh melakukan pelepasan kawasan hutan lindung.

Selain itu, juga disepakati, bahwa tidak ada dilakukan pemutihan, karena yang ada hanyalah holding zone. Untuk proses holding zone tersebut butuh banyak proses dilakukan, termasuk peninjauan, hingga pelepasan secara bertahap, dan itu membutuhkan waktu yang lama.

Politisi Hanura ini juga mengatakan, seluruh investor sudah bisa menanamkan modalnya ke Riau. Karena soal perizinan yang sebelumnya terganjal RTRW sudah dituntaskan.

"Dengan sudah diberikannya nomor register oleh Kemendagri, dan sudah ditindaklanjuti di daerah, artinya RTRW Riau sudah selesai. Bagi para investor, silahkan beramai-ramai ke Riau, untuk menanamkan investasinya," kata Suhardiman yang juga mantan anggota Pansus RTRW DPRD Riau itu.

Ditambahkannya, dengan sudah memiliki RTRW Riau tersebut, akan banyak dampak positifnya bagi daerah, salah satunya adalah mempercepat roda perekonomian di Riau, dan juga mempercepat pembangunan.

"Ratusan izin yang sudah menunggu sebelumnya, kita harapkan dapat segera ditandatangani, agar dapat dilaksanakan sejumlah kegiatan yang membutuhkan RTRW," ujarnya.

Halaman
123
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved