Indragiri Hulu

AMAN Inhu Lakukan Penelitian dan Pendataan Masyarakat Talang Mamak

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Inhu melakukan penelitian dan pendataan masyarakat adat Talang Mamak di Kabupaten Inhu.

AMAN Inhu Lakukan Penelitian dan Pendataan Masyarakat Talang Mamak
bynton
AMAN Inhu berikan pelatihan kepada sejumlah pemuda Talang Mamak untuk melakukan penelitian dan pendataan. 

Laporan Wartawan Tribuninhu.com Bynton Simanungkalit

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan penelitian dan pendataan terhadap tiga komunitas masyarakat adat Talang Mamak di Kabupaten Inhu.

Ketua AMAN Inhu, Gilung menyampaikan penelitian dan pendataan ini dilakukan untuk mendokumentasikan sejumlah aspek kehidupan masyarakat Talang Mamak.

Penelitian dan pendataan itu dilakukan langsung oleh pemuda Talang Mamak. Kata Gilung, ada 12 pemuda yang sudah dilatih melakukan pendataan ini.

Baca: Koramil Rambah Hadiri Acara Wisuda RA Azza, Ini Harapannya

"Para pemuda itu sudah dilatih untuk melakukan pendataan selama tiga hari yang dimulai tanggal 26 April 2018 hingga tanggal 28 April 2018," kata Gilung, Kamis (10/5/2018).

Sejumlah aspek yang menjadi objek penelitian dan pendataan terdiri dari, hukum adat, wilayah adat, isi wilayah adat, sejarah adat, dan penduduk.

"Untuk tahap awal penelitian ini ada tiga komunitas yang lebih dahulu didata, yakni Talang Sungai Limau, Talang Perigi, dan Talang Durian Cacar," kata Gilung.

Baca: Tahukah Anda, Ternyata 3 Benda ini Selalu Dibawa Soekarno Kemanapun

Gilung berkata penelitian ini juga akan dilakukan di sejumlah komunitas Talang Mamak lainnya.

Namun hal itu akan dilakukan secara bertahap, mengingat pendataan terhadap satu komunitas Talang Mamak cukup menyita waktu.

Melalui pendataan dan penelitian yang dilakukan tersebut AMAN Inhu memiliki data pasti terkait kehidupan masyarakat Talang Mamak di Kabupaten Inhu. (ton)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help