Dumai

Pasokan Pangan di Dumai Selama Ramadan 2018 Aman

Pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai memastikan pasokan pangan untuk Ramadhan 1439 H aman

Pasokan Pangan di Dumai Selama Ramadan 2018 Aman
ist
lpgo kota dumai 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM,DUMAI- Pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai memastikan pasokan pangan untuk Ramadhan 1439 H aman.

Mereka menyebut pasokan tidak terjadi kelangkaan. Produk pangan yang masuk pun tidak ada gangguan distribusi.

Satu pasokan pangan yang jadi perhatian yakni ketersediaan daging sapi. "Kita pastikan pasokan daging sapi aman dan bisa memenuhi kebutuhan selama Ramadhan," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai, Hadiyono kepada Tribun, Jum'at (11/5/2018).

Baca: Padahal Baru Nikah, Dewi Perssik Sudah Diledek Angga Wijaya Cari yang Sempit, Balasannya Makjleb

Menurutnya, pasokan saat ini bisa memenuhi kebutuhan daging sapi. Masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan pasokan daging sapi. Ia menyebut Pihak Bulog Sub Divisi Regional menyediakan daging sapi beku.

Masyarakat bisa memperoleh daging sapi beku ini seharga Rp 80.000/kg. "Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan daging sapi selama bulan puasa," terangnya.

Hadiyono menambahkan bahwa ketersediaan sejumlah bahan pangan juga dalam pantauan pihaknya bersama instansi terkait. Di antaranya Beras, Cabe Merah Kriting, Daging Ayam. Gula Pasir, Minyak Goreng Curah, Bawang Merah, Telur Ayam dan Ikan Segar juga dalam pantauan.

Harga Daging

Pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai memprediksi terjadi kenaikan harga daging ayam. Harga daging ayam saat ini mencapai Rp 30.000/kg. Mereka memprediksi daging ayam bakal mengalami kenaikan harga dari saat ini.

Baca: Diplomat Indonesia Kunjungi Perkebunan Sawit Asian Agri

Ada dugaan kenaikan dipicu meningkatkan permintaan daging ayam. "Kita tentu berupaya antisipasi kenaikan. Bisa saja naik beberapa hari jelang bulan puasa nanti," ulas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai, Hadiyono kepada Tribun, Jum'at (11/5/2018).

Menurutnya, pihak dinas juga bersama memantau kenaikan harga komoditas pangan. Pihak dinas bersama instansi terkait berupaya memantau sejumlah komoditas pangan yang banyak dicari saat bulan puasa.

Pihak Dinas Perdagangan Kota Dumai mengklaim harga bahan pangan jelang Ramadhan masih stabil. "Kami pastikan harga dan ketersediaan bahan pokok masih stabil," terang Kepala Dinas Perdagangan Dumai, Zulkarnaen terpisah.

Baca: Riau Kumpul 15 Medali di Kejurnas Atletik 2018

Tim dinas turun ke pasar setiap pekan. Mereka memantau gejolak harga di pasar tradisional. Mereka juga mendata pasokan bahan pokok jelang Bulan Puasa. Proses pemantauan berlangsung tiga kali dalam
sepekan. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help