Komunitas

Berikan Banyak Manfaat Pertamina TBBM dan PKPU HI Riau Resmikan Program Lanjutan 

Ayub menjelaskan, program CSR seperti ini berlangsung di seluruh unit operasi pertamina di Riau.

Berikan Banyak Manfaat Pertamina TBBM dan PKPU HI Riau Resmikan Program Lanjutan 
Tribunpekanbaru/hendrigusmulyadi
Peresmian program CSR PT Pertamina TBBM Sungai Siak bersama PKPU HI Riau, di halaman kolam pancing Ikan Patin Jalan Tanjung Datuk ujung, Pekanbaru 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Sejak tahun 2017 yang lalu, PT Pertamina (Persero) Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sungai Siak, telah melakukan upaya kerjasama dengan PKPU Human Initiative (HI) Riau, dalam bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR), guna memberdayakan masyarakat.

Kegiatan pemberdayaan yang telah memberikan banyak manfaat dan kegunaan bagi masyarakat di kelurahan Tanjung RHU dan kelurahan Pesisir di kawasan Tanjung Datuk itu terus berlanjut hingga saat ini.

Minggu (14/5/2018) kemarin PT Pertamina (Persero) TBBM Sungai Siak bersama PKPU HI Riau kembali meresmikan lanjutan program-program CSR tersebut, terlaksana di halaman kolam pancing Ikan Patin Jalan Tanjung Datuk ujung, dan diikuti oleh beberapa pihak terkait serta 53 penerima manfaat.

Baca: 14 Negara Keluarkan Travel Advice, Menpar: Belum Ada Pembatalan Kunjungan Turis ke Indonesia

Baca: Pascaserangan ke Mapolda Riau, Forkopimda Rapat Mendadak Bahas Nasib Balimau Kasai

Baca: Kena Sabetan Pedang di Belakang Kepala, Kompol Farid Abdullah Terhuyung, Begini Kondisinya

Program lanjutan ini bisa dikatakan suatu pengembangan program-program sebelumnya, yakni pemberian pelatihan dan sertifikasi bengkel Las, budidaya perikanan, pembuatan enceng gondok menjadi pupuk dan program kesehatan Sahabat Gizi Kita (SAGITA).

"Di tahun 2017 di kelurahan Tanjung RHU telah berjalan, ini adalah lanjutannya. Sebelumnya ada budidaya ternak bebek, budidaya ikan, pelatihan bengkel las, dan pengolahan enceng gondok menjadi pupuk organik," jelas Operation Head PT Pertamina TBBM Sungai Siak, Ayub Pribadi S, Rabu (16/5/2018).

Ia menyebutkan, dari seluruh program CSR PT Pertamina TBBM Sungai Siak bersama PKPU HI Riau, penerima manfaat yang telah merasakan langsung keuntungan dari program ini sebanyak 32 orang.

Program budidaya ikan telah telah mulai memperlihatkan hasil panen lele sebanyak 2 kali, budidaya ternak bebek petelur dengan hasil 80% dari jumlah ternak, dan pengolahan enceng gondok saat ini telah berhasil memproduksi dan menjual pupuk organik super hara EG-21.

"Dan program pelatihan bengkel las telah menghasilkan pengelas yang tersertifikasi secara BNSP," ujarnya.

Ayub menjelaskan, program CSR seperti ini berlangsung di seluruh unit operasi pertamina di Riau.

Dimana, unit operasi lain juga telah menyerahkan dua unit ambulan di wilayah Madya dan program ekonomi di wilayah Lima Puluh, Kota Pekanbaru.

"Saat ini kami fokus di wilayah unit operasi dulu. Setelah benar-benar bisa memberdayakan masyarakat tempatan baru kita masuk ke wilayah ring dua dan ring tiga," ucap Ayub.

Baca: Pascateror Mapolda Riau, Rapat Membahas Balimau Kasai Berlanjut ke Kantor Bupati Kampar

Baca: Detik-detik Polisi Buru Pelaku yang Serang Polda Riau, Ini Identitas 4 Terduga Teroris yang Tewas

Melalui CSR yang telah dilakukan tambah Ayub, Pertamina TBBM Sungai Siak berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan, keahlian dan peningkatan perekonomian, di kalangan masyarakat.

Program ini diakuinya berlangsung berkat kerjasama banyak pihak, terutama PKPU HI Riau, pemerintah setempat dan masyarakat Tanjung Rhu.

"Kami akan terus menjalankan program ini sebaik-baiknya. Sehingga menjadi alternatif bagi masyarakat sekitar untuk hidup mandiri dan memperbaiki taraf perekonomiannya," tandas Ayub. (*)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help