Pekanbaru

Awal Ramadan Harga Cabe di Pekanbaru Meroket, Segini Harganya

Memasuki awal bulan Ramadan harga cabai di Pekanbaru mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan hampir terjadi di semua jenis cabai.

Awal Ramadan Harga Cabe di Pekanbaru Meroket, Segini Harganya
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Pedagang cabai merah sedang merapikan dagangannya di Pasar Kodim Jalan Teratai Pekanbaru, Kamis (15/3/2016). Harga cabai merah di beberapa pasar tradisional di Pekanbaru mengalami kenaikan yakni Rp 60 ribu per kilogram. (Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir) 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Memasuki awal bulan Ramadan harga cabai di Pekanbaru mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan hampir terjadi di semua jenis cabai.

Pantuan Tribunpekanbaru.com di Pasar Cik Puan Jalan Tuanku Tambusai, Kamis (16/5/2018) tercatat kenaikan harga cabe bahkan mencapai Rp 7 ribu perkilogramnya. Seperti cabe merah Medan misalnya, naik dari Rp Rp28.000 kini menjadi Rp35.000 perkilogramnya.

"Hari ini baru mulai naik bang, kemarin masih di kisaran harga Rp 28 - 30 ribu perkilonya. Hari rata-rata orang jual Rp 35 ribu," kata Saprudin, salah seorang pedagang cabai di Pasar Cik Puan.

Baca: GenPI Viralkan Logo Hari Jadi Kota Pekanbaru, Bentuk Dukungan ke Pemerintah

Menanggapi persoalan tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmada Hutasuhut, membenarkan kenaikan harga cabe di Pekanbaru.

"Hari ini memang ada kenaikan cabai hampir terjadi di seluruh jenis. Naik Rp5.000-Rp8.000 perkilogram," katanya.

Selain harga cabai merah medan naik Rp7.000, ari harga awal Rp28.000 kini menjadi Rp35.000 perkilogram, menurut keterangan Ingot, harga cabai rawit naik juga naik Rp5.000 dari harga sebelumnya. Yakni dari Rp30.000 menjadi Rp35.000 perkilogramnya.

"Bahkan cabai hijau yang jarang naik juga kini naik Rp8.000. Dari harga awal Rp20.000 kini menjadi Rp28.000 perkilogram," ujarnya.

Baca: Lazismu Tawarkan Enam Program Bagi Umat Menjaring Pahala di Bulan Ramadan

Namun untuk harga cabai merah jenis bukit tinggi justru terpantau mengalami penurunan. Dari harga awal Rp45.000 kini menjadi Rp 40.000.

Pantuan dilapangan, tidak hanya harga cabai yang mengalami kenaikan. Bawang merah dan bawang putih juga terpantau mengalami kenaikan di awal ramadhan ini. Bawang merah naik Rp4.000 dari harga sebelumnya Rp30.000 kini menjadi Rp34.000 perkikogram. Kemudian bawang putih juga naik Rp3.000 dari harga awal Rp20.000 kini menjadi Rp23.000 perkilogram.

Naiknya harga cabe ini membuat ibu rumah tangga menjerit. Sebab mereka biasanya tidak pernah bisa lepas dari cabe saat memasak lauk. Kenaikan harga cabe ini pun membuat ibu rumah tangga harus pandai-pandai dalam memakai cabe saat memasak sambal.

Baca: Pembagian e-KTP Program Nasional Gagal Hari Ini, Anggota DPRD Imbau Warga Bersabar

"Harus lebih irit lagi pakai cabe, soalnya harganya naik terus. Diakal-akalin aja kalau masak sambal, cabenya dikit aja, bawang merahnya dibanyakin," kata Yenti Asmarita salah seorang ibu rumah tangga yang di Jalan Suka Karya, Panam. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help