Jangan Buru-buru Cari Petugas PLN saat Listrik Padam, Cek Ini Dulu

Langkah pertama adalah menengok rumah tetangga. Bila beberapa atau semua rumah padam, pasti gangguan terjadi pada instalasi PLN.

Jangan Buru-buru Cari Petugas PLN saat Listrik Padam, Cek Ini Dulu
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas menyelesaikan pemasangan meteran listrik sebagai proyek LIStrik deSA (LISSA) di Desa Bukit Merdeka di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kamis (26/4/2018). Proyek LISSA yang dimulai pada Oktober 2017 ini diresmikan bersamaan dengan 20 titik listrik desa lainnya di Kalimantan Timur sebagai rogram kelistrikan untuk menerangi desa di seluruh pelosok Indonesia. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Bisa dibayangkan betapa jengkelnya bila sedang enak-enak nonton program TV kesayangan, tiba-tiba listrik padam. Kegembiraan seketika itu jadi putus.

Ruangan jadi gelap gulita. Aktivitas lain yang memerlukan tenaga listrik pun tidak bisa dilakukan. Cara termudah mengatasinya adalah menelepon dinas gangguan PLN.

Tapi, tindakan ini belum tentu efektif. Ada kemungkinan padamnya listrikdapat kita atasi sendiri.

Langkah pertama adalah menengok rumah tetangga. Bila beberapa atau semua rumah padam, pasti gangguan terjadi pada instalasi PLN.

Baca: Berat Badan Melonjak Saat Puasa, Berarti Ada yang Salah, Coba Ikuti Tips Berikut

Juga, bila tombol (umumnya biru) Mini Circuit Breaker (MCB, alat pembatas pemakaian daya listrik) milik PLN di bawah KWh-meter rumah kita dalam posisi ke atas (normal) dan alat pengaman hubungan singkatnya (berupa sekring model kawat lebur, sekring bimetal dengan tombol merah atau hitam, atau MCB) dalam keadaan normal atau baik.

Untuk kasus ini menghubungi PLN adalah pilihan paling tepat.

Sebaliknya, bila cuma rumah kita yang padam, ada kemungkinan gangguan terjadi di dalam instalasi rumah kita.

Untuk mengatasinya, kita perlu melakukan langkah-langkah berikut:

Dengan menggunakan penerangan darurat, lampu senter misalnya, kita periksa MCB PLN.

Bila posisi tombolnya ke arah bawah ("jatuh"), berarti daya listrik yang dipakai melebihi seharusnya. Cara mengatasinya, kita matikan sebagian lampu atau peralatan listrik, lalu menaikkan kembali tombol MCB.

Halaman
123
Editor: M Iqbal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved