Siak

Rasio Elektrifikasi Listrik Riau 80 Persen, Siak Mulai Meningkat Inhil Masih Tertinggal

Di Riau yang paling banyak belum teraliri listrik di kabupaten Indragiri Hilir. Saat ini saja belum sampai 60 persen desanya terlistriki

Rasio Elektrifikasi Listrik Riau 80 Persen, Siak Mulai Meningkat Inhil Masih Tertinggal
TribunPekanbaru/TheoRizky
Petugas tengah melakukan perbaikan jaringan listrik di sebuah tiang listrik, Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru, Rabu (30/3/2016). Pemeliharaan rutin ini dilakukan di sejumlah jaringan listrik sehingga pemadaman bergilir dalam beberapa hari kedepan diberlakukan di Kota Pekanbaru. 

Laporan  wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK  - Rasio Elektrifikasi (RE) listrik di Provinsi Riau masih jauh dari target nasional. Sebab, Riau hingga Mei 2018 ini masih diangka 80 persen sedangkan target nasional 97 persen.

Kendati demikian, RE listrik PLN di Provinsi Riau sudah baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Siak menjadi salah satu kabupaten dengan pertumbuhan kelistrikan dinilai cukup baik. 

"RE Riau merangkak naik. Di Riau yang paling banyak belum teraliri listrik di kabupaten Indragiri Hilir. Saat ini saja belum sampai 60 persen desa-desanya terlistriki," kata General Manager PT PLN (persero) Wilayah Riau Kepulauan Riau (WRKR), Irwansyah, Selasa (29/5/2018) di Siak.

Baca: Ganteng dan Cantik Usia Belum 30 Tahun, Inilah 8 Miliarder Terkaya Dunia

Ia menyatakan akan terus berupaya membantu mengaliri listrik di daerah-daerah terpencil Indragiri Hilir. Namun,  kata dia, medan di kawasan Indragiri Hilir memang sangat menantang; rawa, sebaran penduduknya jauh-jauh dan menbawa material butuh biaya cukup besar. 

Selain Indragiri Hilir,  Rokan Hulu juga daerah yang pelik untuk pelistrikannya. Karena ada beberapa daerah di sana memang belum tersentuh listrik PLN.

"Inilah yang terus kita upayakan. Kemudian juga perlunya koordinasi Pemda masing-masing dengan kami, begitupun sebaliknya," kata dia.

Baca: Gadis 17 Tahun Pacari Pria 41 Tahun Demi Dapatkan Hartanya, Tak Terduga Hal Ini Terjadi

Sementara ia mengapresiasi kabupaten Siak yang sudah mengalami perkembangan pesat tentang kelistrikan PLN. Meskipun masih ada beberapa daerah atau kampung yang belum teraliri listrik

"Saya yakin,  jika kinerja kita tingkatkan dan saling mendukung antar sektor dan instansi,  kita bakal mencapai target nasional. Kendala kita hanya pada tantangan medannya," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan (Distransnaker) Siak Amin Budyadi mengemukakan, RE untuk listrik di kabupaten Siak telah mencapai 75, 90 persen. Hal tersebut merupakan kemajuan yang sangat pesat sejak 2011 lalu. Bahkan, pihaknya juga mengupayakan listrik alternatif untuk desa-desa yang tidak dapat dijangkau jaringan PLN.

Baca: Pembayaran THR Paling Lambat Sepekan Sebelum Lebaran, Ini Rincian Besarannya

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help