Padang

Berencana Mudik ke Sumatera Barat Waspada Melintasi 3 Titik di Jalur Ini, Masuk Kawasan Rawan 

Pengendara dari Padang ke Bukittinggi dan tidak berhenti di Padang Panjang, sebaiknya melewati jalur alternatif Malalak, agar terhindar kemacetan.

Berencana Mudik ke Sumatera Barat Waspada Melintasi 3 Titik di Jalur Ini, Masuk Kawasan Rawan 
tribunpekanbaru/rikisuardi
Longsor terjadi di Kelok 44 Maninjau tepatnya Kelok 3. Akses jalan dari Lubuk Basung menuju Bukitinggi itu sempat mengalami lumpuh total, karena material longsor berupa tanah dan pohon itu menimbun badan jalan. 

Laporan Kontributor Tribunpadang.com, Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, Amran, meminta agar pengendara, khususnya perantau yang pulang kampung ke Ranah Minang untuk merayakan Lebaran 2018, diharapkan berhati-hati ketika melintasi kawasan Sitinjau Lauik, Silaiang, dan Kelok 44 di Maninjau.

"Ketiga kawasan itu rawan kecelakaan. Sebab, tanjakan dan turunan serta tikungannya cukup tajam. Jika tak hati-hati, bisa kecelakaan. Tak hanya itu, bahkan beberapa titik di kawasan itu juga rawan longsor, karena banyak tebing dan jurang," kata Amran kepada tribunpadang.com, Rabu (30/5/2018).

Selain ketiga kawasan tersebut, sejumlah titik di sepanjang Kayu Tanam-Padang Panjang, serta semua jalur Padang-Pessel, dan Padang-Solok Selatan, juga rawan kecelakaan dan longsor.

"Untuk itu, saya pun berharap agar pengendara juga berhati-hati ketika melintasi jalur tersebut," ujarnya.

Longsor terjadi di Kelok 44 Maninjau tepatnya Kelok 3. Akses jalan dari Lubuk Basung menuju Bukitinggi itu sempat mengalami lumpuh total, karena material longsor berupa tanah dan pohon itu menimbun badan jalan.
Longsor terjadi di Kelok 44 Maninjau tepatnya Kelok 3. Akses jalan dari Lubuk Basung menuju Bukitinggi itu sempat mengalami lumpuh total, karena material longsor berupa tanah dan pohon itu menimbun badan jalan. (tribunpekanbaru/rikisuardi)

Baca: Sempat Lumpuh Total 4 Jam Lebih Begini Penampakan Kelok 44 Maninjau Tak Lama Setelah Longsor

Baca: Mudik Ternyata Sebuah Singkatan, Awalnya Tak Ada Kaitan Lho dengan Lebaran

Selain rawan kecelakaan dan longsor, Amran pun juga menuturkan bahwa beberapa kawasan tersebut, terutama Silaiang, diprediksi juga akan kembali mengalami kemacetan menjelang lebaran maupun saat lebaran.

Untuk itu, ia mengimbau agar pengendara dari Padang ke Bukittinggi maupun sebaliknya, atau yang tidak akan berhenti di Padang Panjang, sebaiknya melewati jalur alternatif Malalak, supaya terhindar kemacetan.

Kemudian, pengendara atau perantau yang datang dari arah Payakumbuh menuju Sijunjung atau sebaliknya, juga diminta untuk memanfaatkan jalur alternatif yang ada seperti jalur Sijunjung ke Batu Sangkar hingga ke Piladang Limapuluh Kota.

"Intinya, kami dari Dishub meminta agar masyarakat atau pengendara untuk cerdas menggunakan akses jalan supaya terhindar dari kemacetan. Di Sumbar ini kan banyak jalur alternatif, jadi harus cerdas memanfaatkan jalur alternatif yang ada," ujarnya.(*)

Baca: CPNS 2018, Beruntunglah Bila Anda Memiliki Jurusan Berikut, Dapat Proporsi Terbesar

Baca: Hujan Lebat di Sumbar Berakibat Banjir, Bocah 4 Tahun Tewas Tertimbun Longsor di Wilayah Agam

Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help