Idul Fitri 1439 H

Kriminalitas Masih Mengkhawatirkan, Tingkat Keamanan Posko Mudik akan Ditingkatkan

Tingkat keamanan di posko mudik akan lebih ditingkatkan dalam mudik lebaran pada tahun ini

Kriminalitas Masih Mengkhawatirkan, Tingkat Keamanan Posko Mudik akan Ditingkatkan
Tribunpekanbaru
Arus mudik lebaran 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM - Tingkat keamanan di posko mudik akan lebih ditingkatkan dalam mudik lebaran pada tahun ini, mengingat tingginya tingkat kriminalitas dan adanya aksi teror beberapa waktu belakangan.

Wakil Ketua DPRD Riau, Kordias Pasaribu mengatakan, pihaknya dalam pekan ini DPRD akan mengagendakan rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) untuk membahas persiapan mudik lebaran. Dalam hal ini, dewan akan melibatkan semua unsur.

Terutama dalam antisipasi keamanan.

"Kita akan membahas secara rinci, bagaimana persiapan Pemerintah dalam memberi layanan pada masyarakat saat mudik lebaran," kata Kordias kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (30/5/2018).

Baca: Pemilik Lahan Hadang Alat Berat yang Sedang Bekerja, Pelebaran Jalan HR Soebrantas Terhambat

Dikatakannya, pihaknya telah menerima informasi bahwa Kementerian telah menyediakan 9 titik posko mudik untuk Provinsi Riau, selain itu, nantinya juga akan tambahan dari Pemprov Riau.

"Nanti akan dirumuskan apa saja fasilitas yang akan diberikan pada posko mudik yang disediakan Pemprov. Termasuk juga perihal keamanan," ujarnya.

Dikatakannya, Pemprov bisa saja meggandeng perusahaan untuk mendapatkan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam menyedialam sejumlah fasilitas.

"Misalnya seperti tempat istirahat pemudik, tempat perbaikan kendaraan serta fasilitas lainnya. Hal itu boleh dan bisa dilakukan," imbuhnya.

Baca: Salahi Izin Tinggal, Imigrasi Dumai Segera Deportasi 2 TKA Asal China

Dikatakannya, situasi mudik sangat rentan dimanfaatkan oknum untuk berbuat kejahatan. Apalagi permasalahan teror masih menghantui masyarakat beberapa waktu lalu.

Ia juga memperkirakan jumlah pemudik tahun ini akan meningkat. Hal itu bisa dilihat dari pertumbuhan pendudukan Riau dari waktu ke waktu.

"Persiapan mudik ini semua unsur juga akan dilibatkan. Baik Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan hingga sektor swasta. Kita tau, arahan Presiden sangat tegas. Setiap kegiatan keagamaan, apalagi ada kasus teror belakangan harus siaga semua. Mudah-mudahan semua persiapan dapat rampung pada H-7 Idul Fitri," harapnya. (*)

Penulis: Alex
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help