Padang

Dirlantas Polda Sumbar Pastikan Tilang Pelanggar Lalu Lintas Saat Lebaran Nanti

Tindakan tegas itu, lanjutnya, dilakukan agar pada musim lebaran nanti, angka kecelakaan dapat ditekan.

Dirlantas Polda Sumbar Pastikan Tilang Pelanggar Lalu Lintas Saat Lebaran Nanti
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
ilustrasi 

Laporan Kontributor Tribunpadang.com, Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Barat (Sumbar) tak akan memberikan ampun kepada pengendara yang tidak mematuhi aturan lalu lintas saat Lebaran 2018 nanti.

"Tak akan ada tolerir bagi pengendara yang melanggar. Kami akan tetap memberikan tilang, meskipun ada libur lebaran nanti," kata Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Singgamata kepada tribunpadang.com, Minggu (3/5/2018) malam.

Namun, kata dia, pengendara yang diberikan tindakan tegas berupa tilang itu, hanya kepada pengendara yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Baik pengendara sendiri, maupun orang lain.

Baca: Diduga Korsleting Listrik, Minibus Terbakar di Jalan Sawahan Padang

Baca: Mudik Gratis BUMN Padang-Mentawai Resmi Dimulai, KM Sabuk Nusantara 37 Sediakan Kursi 1000

"Misalnya menerobos lampu merah, melawan arus, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, dan yang tidak menggunakan helm yang bisa menyebabkan si pengendara itu sendiri mengalami vatalitas ketika terjadi kecelakaan," ujarnya.

Tindakan tegas itu, lanjutnya, dilakukan agar pada musim lebaran nanti, angka kecelakaan dapat ditekan.

"Waktu operasi patuh kemarin, kami sudah melakukan upaya penindakkan tegas, dan diharapkan pada operasi ketupat nanti, ada kesadaran bagi pengendara. Baik roda dua maupun roda empat serta truk," ungkapnya.

Mantan Sekretaris Pribadi Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono itu mengimbau agar pada saat libur lebaran nanti, semua pengendara harus patuh terhadap aturan.

Tak ada yang sampai kedapatan melakukan pelanggaran.

Baca: Pemuda Ini Tak Berkutik Setelah Polisi Temukan Sabu di Belakang Rumahnya

Baca: Ketua Pepatri Riau Nyatakan Busur dan Anak Panah yang Disita Densus 88 di Unri Milik Mapala

"Saat libur lebaran nanti kami full turun ke jalan, apalagi nantinya juga akan didirikan posko ketupat di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar. Lokasi posko nantinya tak hanya di jalur rawan kemacetan, tapi juga diseluruh jalur mudik yang rawan kecelakaan," bebernya.

"Jadi saya tegaskan, kalau ada nantinya kedapatan kendaraan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas, langsung kami tindak tegas," pungkas Singgamata.(*)

Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help