Bengkalis

Terdakwa Politik Uang Dituntut Hukuman 42 Bulan Kurungan serta Denda 2 Ratus Juta

Nur Azmi Hasyim Anggota DPRD Bengkalis dan ajudannya Adi Purnawan hari dituntut selama 42 bulan penjara serta denda 2 ratus juta

Terdakwa Politik Uang Dituntut Hukuman 42 Bulan Kurungan serta Denda 2 Ratus Juta
Tribun Pekanbaru/Natsir
Kedua Terdakwa Politik Uang Nur Azmi Hasyim dan Ajudannya Adi Purnawan, mendengarkan tuntutan JPU, Kamis (7/6) 

Laporan wartawan Tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Nur Azmi Hasyim Anggota DPRD Bengkalis dan ajudannya Adi Purnawan hari mendengarkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada sidang lanjutan perkara Politik uang yang menjeratnya, Kamis (7/6/2018) siang tadi.

Tuntutan JPU dibacakan langsung dihadapan terdakwa dan Kuasa Hukumnya.

Baca: RSUD Dumai Siagakan Sejumlah Dokter Spesialis Saat Libur Lebaran

Dalam sidang pembacaan tuntutan ini JPU dari Kejaksaan Negeri Bengkalis yakni Aci Wijaya Saputra, Agrin Nico Reval dan Iwan Roy Carles menuntut kedua terdakwa dengan hukuman penjara selama 42 bulan.

Serta denda dua ratus juta rupiah subsider satu bulan penjara.

Menurut tuntutan JPU yang saat itu dibacakan Aci, kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan sesuai fakta persidangan telah bersalah melanggar Pasal 187 A Junto Pasal 73 UU RI Nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota menjadi UU Junto Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHPidana, sebagaimana dalam dakwaan tunggal kedua terdakwa.

Baca: Horee, BPKAD Pelalawan Pastikan THR Bagi PNS Telah Dicairkan

Aci mengatakan hal yang memberatkan terdakwa yakni perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat. Sementara itu hal yang meringankan kedua terdakwa berterus terang dan tidak berbelit belit memberikan keterangan pada persidangan ini.

Usai pembacaan tuntutan tersebut Majelis hakim yang dipimpin langsung hakim Sutarno dan di dampingi dua hakim anggota Wimmi D Simarmata dan Muhammad Rizky Musmar memberikan kesempatan kepada terdakwa untuk memberikan pembelaan.

Baca: Klewang Ditemukan Tewas di Kios di Pasar Rumbai, Begini Kondisi Jasadnya

"Kami berikan kesempatan kepada terdakwa untuk menyampaikan pledoi atau nota pembelaan silahkan konsultasikan ke kuasa hukumnya" jelas Sutarno.

Nur Azmi Hasyim bersama ajudannya berkonsultasi dengan kuasa hukumnya. Hasil konsultasi tersebut pihaknya terdakwa meminta waktu sekitar lima jam untuk menyelesaikan pledoi.

Majelis hakim memberikan kesempatan kuasa hukum terdakwa untuk menyelesaikan pledoinya. Sidang lanjutannya akan kembali digelar Kamis Petang, kemudian direncanakan akan berlangsung hingga malam sampai pembacaan Replik dan Duplik.

Baca: 3.840 Narapidana di Riau Terima Remisi Lebaran,  29 Orang Langsung Bebas 

"Kita agendakan hari ini selesai sidang hingga Duplik. Majelis akan membacakan putusan pada Jumat besok," tandasnya.

Sidang perkara Politik uang di Bengkalis menjadi perhatian khusus dari Banwaslu Provinsi. Bahkan beberapa Panwas Kabupaten Kota hadir menyaksikan sidang tuntutan ini, diantaranya Panwas Kota Pekanbaru, Panwas Rokan Hulu (Rohul), serta Sentra Gakkumdu Provinsi Riau.(sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help