INFO KESEHATAN

Jangan Anggap Remeh, Sering Kesemutan Pertanda 8 Penyakit Berbahaya Ini, Ketahui Penyebabnya!

Kebanyakan orang pernah mengalami kesemutan jika duduk bersila terlalu lama atau tertidur dengan posisi tangan tertindih kepala.

Jangan Anggap Remeh, Sering Kesemutan Pertanda 8 Penyakit Berbahaya Ini, Ketahui Penyebabnya!
Kesemutan 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kebanyakan orang pernah mengalami kesemutan jika duduk bersila terlalu lama atau tertidur dengan posisi tangan tertindih kepala. Sebenarnya, apa penyebab kesemutan yang sering kita alami?

Sering Kesemutan Menunjukkan Gejala Penyakit

Seperti diungkapkan dr. Tiara Anindhita, Sp.S, dari Departemen Neurologi FKUI/RSCM, kesemutan adalah sensasi spontan yang abnormal pada daerah saraf tertentu.

Secara normal, manusia bisa merasakan sensasi tertentu setelah ada rangsangan atau stimulus yang sesuai. Contohnya, merasa, meraba, menyentuh, menekan, nyeri, dan sebagainya.

Sensasi tersebut baru muncul bila ada stimulus. Tentu saja sensasi yang muncul harus sesuai dengan stimulusnya. Jadi kalau kita diraba, kita akan merasakan sensasi diraba.

Sementara pada kasus kesemutan, sensasinya muncul spontan tanpa ada stimulus. Bisa berupa rasa panas seperti terbakar, tidak enak, kesemutan, seperti ditusuk-tusuk.

Parestesia atau kesemutan adalah terminologi untuk suatu gejala dan bukan diagnosis penyakit. Itu sebabnya gejala parestesia bisa dijumpai pada berbagai penyakit yang mengenai saraf, terutama saraf di bagian perifer.

Jangan sepelekan jika Anda sering kesemutan!

Faktanya, kesemutan dapat menjadi indikasi dari banyak penyakit, seperti diabetes melitus, hipertensi, saraf terjepit, gangguan aliran darah pada pembuluh darah tepi, maupun gangguan darah.

Oleh karena itu, harus segera tahu apa penyebab kesemutan yang selama ini cukup mengganggu. Jangan sampai disepelekan dan berujung penyakit berbahaya.

Halaman
1234
Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help