Bengkalis

Maksimalkan Pelipatan Surat Suara Pilgubri, KPU Bengkalis Libatkan 150 Orang

Sebanyak 150 orang dilibatkan KPU Bengkalis untuk memaksimalkan pelipatan surat suara

Maksimalkan Pelipatan Surat Suara Pilgubri, KPU Bengkalis Libatkan 150 Orang
Tribun Pekanbaru/Natsir
150 orang dilibatkan KPU Bengkalis untuk pelipatan surat suara 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENKALIS.COM, BENGKALIS - Setelah menerima distribusi surat suara untuk Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) dari Komisi Pemilih Umum (KPU) provinsi Riau Rabu, (6/6/2018) kemarin, KPU Bengkalis mulai melakukan pelipatan surat suara sejak Jumat kemarin. Pelipatan surat suara di lakukan melibatkan 150 orang dari masyarakat dan mahasiswa.

Baca: Heboh Penemuan Mayat Wanita dalam Boks di Depan Musala, Saksi Lihat Pria Misterius

Hal ini diungkap Anggota KPU Bengkalis Elmiawati Safarinai di sela sela proses pelipatan surat suara di kantor KPU Bengkalis, Sabtu (9/6) petang. Menurut perempuan yang akrab disapa Elsa ini, proses pelipatan surat suara yang dilakukan pihaknya dan turut diawasi oleh Panwaslu Kabupaten Bengkalis.

"Sejauh ini sudah mencapai 85 persen. Diperkirakan menjelang sore atau malam ini sudah selesai,” ungkapnya.

Baca: Bisnis Judi Online, Karyawan Perusahaan Perkebunan di Rohul Ini Diamankan Polisi

Lebih lanjut Elsa menyebutkan, mengenai jumlah surat suara yang sedang dilakukan proses pelipatan keseluruhannya berjumlah 366.006 surat suara. Total ini adalah jumlah surat suara yang diterima KPU Bengkalis dan sesuai jumlah DPT sebanyak 356.530, serta telah include 2,5 persen jumlah surat suara per TPS yang ada, yakni dari 1178 TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Bengkalis.

Baca: Habiskan Dana 6 Miliar Per Tahun, Ini Kisah Tragis di Balik Topi Hitam Prajurit Kerajaan Inggris

Disinggung terkait ditemukannya surat suara yang rusak dalam pensortiran dan pelipatan surat suara, Elsa mengakui jika dalam proses pelipatan yang dilakukan turut ditemukan adanya surat suara yang rusak. Sejauh ini jumlah surat suara rusak hingga pukul 23.00 tadi malam ditemukan sebanyak 31 lembar.

“Untuk hari ini juga ada yang rusak. Namun berapa jumlahnya belum kita rekap,” tambahnya.

Baca: Exocet, Rudal yang Kini Jadi Andalan TNI Ini Pernah Hajar Kapal Perang Inggris di Perang Falkland

Selain surat suara, sampai saat ini beberapa logistik Pilgubri memang diakui belum diterima KPU Bengkalis. Diantaranya sampul surat suara, formulir-formulir, hologram dan segel. Namun pihak KPU dipastikan jika berbagai logistik tersebut akan segera dikirim dan diterima pihaknya jauh hari sebelum hari pemungutan dan penghitungan suara.

Baca: Jangan Anggap Remeh, Sering Kesemutan Pertanda 8 Penyakit Berbahaya Ini, Ketahui Penyebabnya!

“Khusus kelengkapan dukungan untuk proses pemungutan suara seperti bantalan, paku dan lem, semuanya sudah aman. Termasuk logistik lainnya seperti kotak suara serta bilik suara yang sudah kita persiapkan, kendati diantaranya seperti kotak suara yang merupakan stok lama dan masih dalam kondisi baik,” tandasnya. (sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help