INFO KESEHATAN

Apa Sebenarnya Penyebab Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang?

Berikut ini adalah berbagai kendala yang membuat Anda sulit mengurangi ukuran lingkar pinggang dan memiliki perut ideal:

Apa Sebenarnya Penyebab Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang?
net
perut buncit 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Memang rasanya bikin minder dan frustasi ketika lemak menyembul dari perut. Selain dapat berpengaruh terhadap kesehatan, lemak di perut juga sangat mengganggu penampilan, dan bisa menurunkan rasa percaya diri.

Bicara tentang menghilangkan lemak di perut, ada banyak informasi salah yang beredar. Menurut Holly Lofton, M.D., Direktur Manajemen Berat Badan di NYU Langone Medical Center, New York, Amerika Serikat (AS), para ahli diet sepakat bahwa tidak ada latihan tertentu yang fokus untuk menghilangkan lemak di perut.

“Kuncinya adalah gaya hidup,” kata Holly, seperti dilansir di laman Women’s Health. Kenyataannya, beberapa kebiasaan yang  disebut-sebut sehat justru dapat memperlambat, bahkan menghambat proses penghancuran lemak di perut. Lalu, apa sebenarnya penyebab lemak di perut sulit hilang?

Berikut ini adalah berbagai kendala yang membuat Anda sulit mengurangi ukuran lingkar pinggang dan memiliki perut ideal:

1.  Terlalu banyak makan aneka makanan beku, food bar/snack bar, dan camilan dalam kemasan

Faktanya, makanan olahan yang berlabel “low-calorie” bisa jadi memiliki kadar gula dan sodium yang tinggi. Keduanya merupakan musuh bagi ukuran pinggang Anda. “Makanan yang asin dapat menyebabkan perut kembung,” kata Holly. “Dan tubuh Anda menyimpan kelebihan gula—bahkan gula alami, seperti madu—sebagai lemak,” tambahnya.

Menurut studi yang diterbitkan di jurnal Hepatology, orang-orang yang menyertakan camilan dengan kandungan lemak dan gula tinggi ke dalam menu utama hariannya, mereka menumpuk lemak perut lebih banyak dibanding orang-orang yang makan makanan dengan nutrisi esensial dengan porsi yang sesuai (well-rounded meals), meski jumlah kalorinya sama.

2. Melakukan crunch secara gila-gilaan

Crunch populer di antara orang-orang yang termotivasi mengecilkan perut. Mirip dengan sit up karena dilakukan dalam posisi berbaring, rentang gerakan crunch lebih sempit dan posisi kaki tidak menapak ke lantai, melainkan diangkat bersama-sama dengan tubuh bagian atas.

Ditegaskan oleh Holly, menargetkan hanya satu bagian tubuh tidak akan membawa hasil. “Supaya berhasil, Anda harus menurunkan berat badan secara keseluruhan,” katanya. Baik crunch maupun sit up memang akan membangun otot, namun nantinya otot tersebut tersembunyi di bawah lapisan lemak. Skenario terburuk, otot tersebut akan membuat lemak makin tampak menonjol.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Ridho
Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help