Pekanbaru

Tanah Diserobot Gunakan Sertifikat Palsu, Pria Ini Lapor Polisi

Dirugikan tanahnya dicaplok orang pria ini melapor ke polisi. Tanah tersebut diambil lewat sertifikat palsu

Tanah Diserobot Gunakan Sertifikat Palsu, Pria Ini Lapor Polisi
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru: Rizky Armanda

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Merasa dirugikan lantaran tanah miliknya seluas 4000 meter persegi diambil dengan cara diduga menggunakan sertifikat tanah palsu, pria bernama Sofyan Ramli melapor ke polisi.

Sofyan resmi membuat pengaduan ke Mapolresta Pekanbaru atas peristiwa yang dialaminya itu. Yang dilaporkannya adalah seseorang berinisial BA.

Tanah itu sendiri beralamat di Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru.

Tanah yang dulunya masuk kawasan Kampar dan setelah pemekaran masuk wilayah Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, dibeli Sofyan Ramli dari pemiliknya pertama bernama Satem, yang diketahui ahli warisnya Kartorejo tahun 1972 dengan harga tanahnya Rp 275 ribu atas dasar Surat Keterangan Tanah (SKT). 

Namun belakangan, sejak tahun 2009muncul orang menguasai tanahnya itu dengan mengantongi surat tanah bersertifikat berinisial BA. Tapi sertifikat tanah itu atas nama istrinya YB yang sudah meninggal dunia.

Ketua Umum DPP LSM Perisai Sunardi selaku pihak Sofyan Ramli pada Senin (11/6/2018), mengatakan, pihaknya sudah menemukan beberapa bukti adanya indikasi pemalsuan surat tanah yang dilakukan pihak yang dalam hal ini dilaporkan.

Semua temuan ini, kata Sunardi berawal adanya kejanggalan tanda tangan palsu mengatasnamakan Kepala BPN Bangkinang yang dulu bertugas. Karena untuk diketahui, dulunya tanah tersebut masuk wilayah Kampar.

Namun menurut Sunardi, saat dicek sangat berbeda dengan tandatangan aslinya.

"Tanda tangan ini, sudah kita pertanyakan ke Kakanwil BPN Provinsi Riau melalui surat resmi. Dan tinggal menunggu jawabannya," sebut Sunardi.

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help