Advertorial

Perhatikan Kualitas Daging Sebelum Dibeli

Sebagai sumber protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh dan sangat baik untuk pertumbuhan, daging harus memenuhi persyaratan ASUH.

Perhatikan Kualitas Daging Sebelum Dibeli
TribunPekanbaru/Dodi Vladimir
Seorang pedagang daging sedang melayani pembeli di Pasar Senapelan Pekanbaru, Senin (1/6/2016). Menjelang bulan Ramadhan harga daging sapi di Pasar Tradisional yang berada di Pekanbaru masih stabil dengan kisaran harga Rp 120 ribu per-kg. Pemerintah pusat bakal membuat kebijakan dengan menetapkan Harga Eceran Tertinggi atau HET daging, dengan harga sekitar Rp 80-90 ribu per kilo. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Drh. Askardiya R. Patrianov, MP mendorong masyarakat mengkonsumsi daging dengan kualitas terjamin dan layak konsumsi.

Untuk itu, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi.

Dijelaskannya, penentu kualitas daging di antaranya adalah cara pemeliharaan dan perawatan kesehatan.

Selain itu juga di pengaruhi oleh banyaknya darah hewan yang keluar setelah dipotong dan terjadinya kontaminasi daging sesudah hewan dipotong.

Kriteria yang dapat dipakai sebagai pedoman untuk menentukan kualitas daging yang layak konsumsi adalah keempukan/kelunakannya.

Dimana keempukan daging ditentukan oleh kandungan jaringan ikat. Semakin tua usia hewan, susunan jaringan ikat Semakin banyak, sehingga daging yang dihasilkan semakin liat. Jika ditelan dengan jari, daging yang sehat akan memiliki konsisten kenyal (padat).

Kemudian, bisa dilihat dari kandungan lemak/marbling yang terdapat di antara otot (intramuscular). Lemak ini berfungsi sebagai pembungkus otot dan mempertahankan keutuhan pada waktu dipanaskan. Marbling berpengaruh terhadap cita rasa daging.

"Kemudian bisa dilihat dari warna daging. Menurut Patrianov, warna daging bervariasi, tergantung dari jenis, genetik dan usia. Misalnya daging sapi potong lebih gelap dari sapi perah. Daging sapi muda lebih pucat dari pada sapi dewasa," paparnya.

Selanjutnya, dari segi rasa dan aroma yang dipengaruhi oleh jenis pakan. Daging yang berkualitas baik mempunyai rasa yang gurih dan aroma yang sedap.

Sementara dari segi kelembaban, secara normal daging mempunyai permukaan yang relatif kering sehingga dapat menahan pertumbuhan mikroorganisme dari luar.

Halaman
1234
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help