Terbesar dalam Kurun 30 Tahun, Inilah Zona Gempa 5,9 SR yang Guncang Mentawai Rabu Pagi

Gempa tektonik yang mengguncang Kepulauan Mentawai berada pada zona pusat gempa raksasa, berpotensi hingga 8,9 SR yang bisa bangkitkan tsunami.

Terbesar dalam Kurun 30 Tahun, Inilah Zona Gempa 5,9 SR yang Guncang Mentawai Rabu Pagi
earthquake.usgs.gov
Gempa Teknonik melanda Kepulauan Mentawai sejak Rabu (13/6/2018) pagi. Setidaknya ada 3 kali gempa besar di lokasi berbeda 

Laporan Kontributor Tribunpadang.com, Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM - Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumbar menyebut bahwa gempa tektonik yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumbar pada Rabu (13/6/2018) pagi, merupakan gempa yang berada pada zona Seismic Gap Megathrust Mentawai.

"Bahkan gempa yang terjadi tiga kali secara berturut-turut itu, merupakan gempa terbesar yang pernah terjadi di zona Seismic Gap dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, bahkan lebih," kata Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumbar, Ade Edward, kepada tribunpadang.com, Rabu (13/6/2018).

Baca: Kondisi Pemain Korea Utara Piala Dunia 1966, Cemerlang tapi Dapat Hadiah Penganiayaan dan Dipenjara

Dijelaskannya, zona Seismic Gap Megathrust Mentawai merupakan zona tempat lokasi pusat gempa raksasa yang berpotensi hingga 8.9 SR yang dapat membangkitkan tsunami berbahaya.

Untung saja, kata Ade, gempa yang terjadi secara berturut-turut itu, magnitudenya kecil dari 7 SR, sehingga tidak membangkitkan tsunami.

"Kalau magnitudenya 7 SR, bisa berpotensi tsunami. Untung saja magnitudenya gak sampai 7," ungkapnya.

Kemudian ketika ditanya apakah ada ketentuan lamanya waktu peningkatan gempa dari 5,9 hingga 7 SR, Ade pun tidak bisa memastikannya.

"Dari 6 ke 7 SR lebih lama. Kalau gempa Aceh yang memicu terjadinya tsunami, masa magnitud dari 7 ke 9 SR itu sekitar 2 tahun lamanya," ungkap mantan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumbar tersebut.

Baca: Disparbud Ingatkan Tarif Parkir Jangan Sampai Perburuk Citra Kampar

Ia juga memaparkan jumlah gempa yang terjadi sejak Rabu pagi hingga siang pukul 14.15 WIB.

Dari informasi BPBD Sumbar, ada 7 kali gempa yang terjadi di Mentawai.

Halaman
12
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help