Pelalawan

Pasar Baru Pangkalan Kerinci Sepi Pasca Lebaran, Harga Ikan dan Daging Malah Melonjak

Pasca libur Raya Idul Fitri 1439 H, aktivitas jual beli di Pasar Baru Pangkalan Kerinci terlihat sepi. Namun beberapa harga justru meningkat

Pasar Baru Pangkalan Kerinci Sepi Pasca Lebaran, Harga Ikan dan Daging Malah Melonjak
Tribun Pekanbaru/Johannes
Aktivitas jual beli di Pasar Baru Pangkalan Kerinci masih sepi pada Rabu (20/6/2018). Kunjungan pembeli menurun dan pedagang yang berjualan masih sedikit 

Laporan Wartawan Tribunpelalawan.com : Johannes Wowor Tanjung

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Memasuki H+4 hari Raya Idul Fitri 1439 H, aktivitas jual beli di Pasar Baru Pangkalan Kerinci terlihat sepi.

Kondisi pasar tampak lengang dibanding hari biasanya pada Rabu (20/6/2018).

Pembeli yang berkunjung ke pasar tradisional itu berkurang drastis dibandingkan saat sebelum Lebaran lalu.

Hal itu sangat terasa di los penjualan bahan makanan dan sembako.

Pemadangan serupa juga terlihat di lokasi pakaian jadi.

"Mungkin karena masih suasa Lebaran dan orang masih banyak liburan," ungkap Yuliarti (35) pedagang bumbu, kepada tribunpelalawan.com.

Tak hanya kunjungan pedagang yang menurun, pedagang yang berjualan juga masih sedikit yang membuka lapaknya.

Sebagian besar kios-kios pedangang belum beroperasi alias tutup. Demikian juga dengan los pedagang ikan dan daging ayam, hanya sebagian kecil yang berjualan.

Aktivitas jual beli di Pasar Baru Pangkalan Kerinci masih sepi pada Rabu (20/6/2018). Kunjungan pembeli menurun dan pedagang yang berjualan masih sedikit
Aktivitas jual beli di Pasar Baru Pangkalan Kerinci masih sepi pada Rabu (20/6/2018). Kunjungan pembeli menurun dan pedagang yang berjualan masih sedikit (Tribun Pekanbaru/Johannes)

Alhasil kenaikan harga tidak terelakan dan kelangkaan terjadi. Seperti ikan sungai, hanya dua pedagang dan belasan los yang buka. Harga ikanpun melambung jauh dari sebelumnya.

"Ikan lele sebelum Lebaran cuman Rp 18 ribu, sekarang jadi Rp 25 ribu. Ikan nila juga naik," beber seorang pembeli, Mei melva (29).

Kenaikan harga juga terasa di kalangan pedagang ayam. Sebelum Lebaran daging ayam satu kilogram dibandrol Rp 22 ribu, saat ini malah mencapai Rp 32 ribu.

Namun untuk rempah-rempah hingga sayur mayur, kenaikan harga tidak begitu signifikan. Meskipun penjualnya masih sedikit dengan stok dagangan yang terbatas.(*)

Penulis: johanes
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved