Dewan Minta Tak Ada Permainan Penerapan Sanksi ASN Bolos Hari Pertama Kerja

beberapa ASN diketahui bolos, tanpa ada keterangan yang jelas. Termasuk di Disperindag, yang ditemukan langsung oleh tim

Dewan Minta Tak Ada Permainan Penerapan Sanksi ASN Bolos Hari Pertama Kerja
Tribun Pekanbaru/ Theo Rizky
Warga memadati Kantor Samsat, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Kamis (21/6/2018). 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.com-PEKANBARU- Plt Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi bersama tim, sudah melakukan Sidak di hari pertama ASN dan THL masuk kantor Kamis (21/6/2018) hari ini. Hasilnya, beberapa ASN diketahui bolos, tanpa ada keterangan yang jelas. Termasuk di Disperindag, yang ditemukan langsung oleh tim, 9 ASN tak hadir.

Begitu halnya di OPD lainnya, diduga kuat ada beberapa ASN yang bolos. Kondisi ini diharapkan kalangan DPRD, harus di Sidak secara fair. Sehingga penerapan sanksi juga merata. "Kita harapkan kepala OPD-nya jujur. Jangan tutupi, karena akan berdampak buruk nantinya," saran Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru H Marlis Kasim, menjawab Tribunpekanbaru.com.

Politisi PKB ini mengharapkan, agar penerapan sanksi kepada ASN dan THL tidak ada permainan. Jika memang memenuhi unsur, maka ASN tersebut harus diberi sanksi. Meski ASN sendiri dari keluarga pejabat sekali pun.

Apalagi sanksi yang disiapkan sesuai Undang-Undang Kepegawaian, yakni pemotongan
tunjangan tambahan penghasilan prestasi kerja (TP2K), serta penundaan pangkat. "Jadi, tim yang sudah disiapkan Pemko, harus benar-benar fair bekerja. Jika memang bersalah, berikan sanksi. Sebaliknya, jika tidak, maka jangan sekali-kali memberi sanksi apapun," katanya.

Kepada ASN sendiri, pihak DPRD Pekanbaru sudah sejak awal mengingatkan, untuk tidak bolos di hari pertama kerja. Termasuk pimpinan di Pemko sendiri, sudah dipastikan memberikan warning, agar ASN masuk di hari pertama.

"Kalau sekarang tak perlu ada yang disalahkan. Karena sudah lama diingatkan. Kepada Pemko kita ingatkan juga, terapkan sanksi agar memberi efek jera kepada yang lainnya, sehingga ke depan tidak ada yang berani melanggar lagi," tambahnya.

Usai apel pagi tadi, Plt Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi langsung melakukan Sidak ke kantor Disperindag, Dinas Koperasi UMKM dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Dari 3 OPD tersebut, di Disperindag ditemukan 9 ASN bolos. Sementara tim lainnya, yang terbagi 6 tim, sidak ke OPD lainnya. Sore nanti, hasil sidak sudah dilaporkan langsung ke Walikota dan Sekko. (Saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved