Siak

Harapan Syamsuar Jadikan Siak Seperti Turki, Maju Pesat di Segala Bidang

Bupati Siak Syamsuar menganggap Turki mengalami kemajuan pesat di segala bidang.Menginspirasinya sehingga menjadikan Erdogan sebagai iktibar.

Harapan Syamsuar Jadikan Siak Seperti Turki, Maju Pesat di Segala Bidang
ist
Bupati Siak Syamsuar memyampaikan sambutannya pada acara halal bi halal Pemkab Siak, Selasa (26/6/2018) di lapangan Siak Bermadah 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK- Bupati Siak Syamsuar menganggap Turki mengalami kemajuan pesat di segala bidang.

Hal tersebut telah menginspirasinya sehingga menjadikan Erdogan sebagai iktibar.

Ia menyatakan itu kala halal bi halal Pemkab Siak yang juga dihadiri masyarakat, Selasa (26/6/2018).

Baca: Cincin Senilai Rp 350 Juta Miliknya Hilang, Inul Daratista Ikhlas, Suaminya Hanya Tertawa

Menurut dia, Erdogan berhasil melalukan dakwah kekuasaan untuk ummat dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dakwah kekuasaan dan kesejahteraan, kata dia, dua hal yang tak dapat dipisahkan.

“Turki kini telah menjelma menjadi negara maju dan sejajar dengan Amerika. Saya pernah mendengar langsung presentasi walikota dari Turki di suatu acara di Banda Aceh. Mereka, pariwisatanya amat maju, pandai mengemas budaya sehingga menjadi daya tarik pariwisata. Angka kunjungan wisatawannya kini lebih banyak dari jumlah masyarakat. Berkahnya ada pada anak-anak mudanya cinta masjid dan tradisi bersedekah hidup di negara itu," kata Syamsuar.

Baca: Wako Tinjau Pendistribusian Logistik di Kelurahan Sumahilang, Ini Fakta yang Disampaikan Lurahnya

Dijadikannya cerita sukses Turki sebagai acuan, disebutkan Syamsuar tak terlepas dari visi dan potensi kabupaten Siak yang memiliki persamaan dengan negara bekas Kesultanan Turki Utsmani itu.

Di antaranya kemiripan latar belakang sebagai negeri bersejarah yang pernah dipimpin kesultanan Islam, generasi muda yang tumbuh dengan alam berfikir yang maju, serta kekayaan potensi pariwisata berbasis sejarah budaya dan religi.

Baca: Diceraikan Ahok, Begini Perlakuan Diterima Veronica Tan dari Anak-anaknya Sekarang

“Kita kalau mau cerita peningkatan ekonomi tapi ibadah kita belum meningkat, ya mustahil rasanya. Di satu sisi kesadaran berzakat sudah luar biasa di Siak, angka keberangkatan jamaah umrah juga sangat tinggi sampai travel umrah bertumbuh hingga kecamatan-kecamatan," kata dia.

Namun, tambah dia, budaya bersedekah juga perlu dihidupkan, sebagaimana dahulu ada tradisi sedekah pisang.
Demikian juga gerakan memakmurkan masjid.

Baca: Kajari Ungkap Fakta Ketidaktransparanan Perhitungan Tagihan PJU Pekanbaru

Pada kesempatan itu, Syamsuar menugaskan jajaran terkait di lingkungan Pemkab untuk bekerjasama dengan LAMR Kabupaten Siak dan Kemenag Siak untuk melakukan pendekatan dakwah kepada anak muda.

“Di siak ini dana pengumpulan zakatnya terbesar di Riau, untuk gerakan wakaf kita juga sudah hidup. Desa Sakinah kita punya, mari kedepan kita hidupkan gerakan bersedekah untuk menggerakkan ekonomi bangsa serta mengajak anak-anak muda kita agar semakin dekat dengan Mesjid. Kalau masjid ramai terus seramai Bulan Suci Ramadhan, InsyaAllah senantiasa turun berkah untuk negeri kita," kata dia.

Baca: Jelang Pemungutan Suara, LE Zikir dan Doa Bersama di Kediamannya

Pada acara halal bihalal yang digelar di panggung Siak Bermadah tersebut, turut hadir sejumlah pejabat daerah dan tokoh masyarakat. Di antaranya Wakil Bupati Siak Alfedri, ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan, Ketua LAM RIAU Kabupaten Siak Wan Said, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Siak dan Forkompinda. (*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help