Pilgub Riau 2018

KPU Siak Gelar Pemilihan Ulang di Bungaraya, Ini Penyebabnya

Hasil pemilihan gubernur-wakil gubernur Riau yang berlangsung Rabu (27/6/2018) lalu masih menyedot perhatian warga Siak.

KPU Siak Gelar Pemilihan Ulang di Bungaraya, Ini Penyebabnya
Tribun Pekanbaru/Fernando
Ilustrasi - Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 3 Desa Pulau Tinggi Kecamatan Kampar pada Pemilihan Kepala Daerah Riau dilaksanakan Kamis (28/6/2018). 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Hasil pemilihan gubernur-wakil gubernur Riau yang berlangsung Rabu (27/6/2018) lalu masih menyedot perhatian warga hingga sekarang.

Apalagi di kabupaten Siak, selain kandidat pemenang hasil quick count merupakan Bupati Siak Syamsuar dengan pasangannya Edy Natar, KPU juga terpaksa melaksanakan pemilihan ulang di TPS 3 Bungaraya, kecamatan Bungaraya.

"Ada warga memilih di dua TPS pada hari pencoblosan kemarin. Di TPS 3 itu dia tidak terdaftar, sehingga Panwaslu merekomendasikan agar pemilihan di TPS itu diulang kembali," kata komisioner KPU Siak Agus Riyanto, Jumat (29/6/2018).

Baca: Lihat Jaket yang Dibeli Ibunya, Ryan Yakin Sosok Anak di Dasar Danau Toba Adalah Adiknya

Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada TPS itu 257 dan DPT tambahan nihil. Namun demikian, pemilihan ulang di TPS itu tetap dilaksanakan pada Sabtu (30/6/2018). Pemilihan ulang dimulai pukul 07.00 WIB ditutup pukul 13.00 WIB.

Agus menjelaskan, untuk pelaksanaan pemilihan ulang tersebut pihaknya sudah mendistribusikan logistik.

Mulai dari surat suara pemilihan ulang, tinta, bilik suara dan perlengkapan lainnya.

"Semua saksi sudah diberitahu, seluruh DPT sudah diundang untuk pemilihan. Panwaslu juga sudah kita surati, mudah-mudahan tidak ada kendala hari esok (hari ini)," kata dia.

Baca: Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional, Kontingen Riau Berangkat Tanggal 15 Juli 2018

Dia menjelaskan, pemilihan ulang di TPS 1 Bungaraya tersebut hanya gara-gara 1 pemilih yang tidak terdaftar menyalurkan hak pilihnya di sana. Sedangkan yang bersangkutan sudah memilih di TPS 1, tempat namanya terdaftar.

"Hanya satu itu saja yang bermasalah terpaksa kita ulang," ulas dia.

Akibat lain dari pemilihan ulang tersebut, PPK Bungaraya juga terpaksa menunda pleno. Seharusnya Jumat (29/6/2018) ini hasil pleno PPK sudah harus dikirim ke KPU kabupaten.

"Tentu PPK harus menggelar pleno pada Minggu besok. Senin hasilnya dikirim ke KPU kabupaten," kata dia.

Baca: Mudik ke Dumai, TKI yang Bekerja di Malaysia Langsung Didata di P4TKI

Ditambahkan komisioner KPU Siak lainnya, Hasanuddin jadwal pleno seluruh PPK sudah harus berakhir Jumat. Sebab, pleno di tingkat KPU digelar pada 4 Juli 2018. Pada 7 Juli KPU Siak sudah harus mengirim hasilnya kepada KPU Provinsi.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi kendala setelah pemilihan ulang besok. Sehingga Siak tetap kondusif hingga ada putusan mengikat di KPU provinsi," kata dia. (*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help