Siak

Alhamdulillah, Rumah Tengku Syufri yang Sabar Membantu Kakek Rusman Akan Direhab

Kesabaran dan keikhlasan keluarga Syufri membantu Rusman selama ini membuat Camat Siak, Adhitya C Smara terharu.

Alhamdulillah, Rumah Tengku Syufri yang Sabar Membantu Kakek Rusman Akan Direhab
Tribun Pekanbaru/Mayonal
Rumah Tengku Syufri yang berada di Kampung Dalam, Siak Sri Indrapura sudah melapuk. 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Belum sudah cerita tentang Rusman (68), kakek yang menjejal penderitaan seorang di gubuk reot, di kampung Dalam, Siak Sri Indrapura, kini Tengku Syufri yang menjadi buah bibir.

Kenapa tidak, kesabaran dan keikhlasan keluarga Syufri membantu Rusman selama ini membuat Camat Siak, Adhitya C Smara terharu.

Baca: Targetkan 700 Anak Dikhitan Gratis, BAZNas Siak Terus Lakukan Sosialisasi

"Pak Tengku Syufri membantu Pak Rusman selama ini. Padahal, beliau juga hidup pas-pasan bersama keluarga, dan rumahnya yang kayu juga sudah lapuk," kata Adhitya, Selasa (3/7/2018).

Rusman sudah selamat. Ia dijemput keluarganya dan kini sudah tinggal bersama keluarganya di Kampung Suak Lanjut.

Sedangkan Tengku Syufri yang menghidupi anak istrinya di rumah kayu yang juga telah lapuk, dicatat sebagai warga yang harus dibantu.

Pihak kecamatan Siak sudah meninjau rumah Syufri dan mengusulkannya agar segera direhab rekon.

Baca: Selain Persiapan di Daerah, Dispora Inhu Kirim 3 Perwakilan untuk Seleksi Paskibraka di Provinsi

"Sudah selayaknya rumah pak Tengku Syufri ini direhab. Apalagi berada di wilayah pemukiman perkotaan dan kawasan pendukung pariwisata. Kami turun bersama rombongan, untuk melihat dan mendata, salah satunya rumah pak Tengku Syufri ini. Tahun depan InsyaAllah rumah beliau akan kita usulkan untuk menerima bantuan rehabilitasi rumah Pemprov Riau, karena tergolong masyarakat tidak mampu," kata dia.

Baca: KM Lestari Maju Kemasukan Air Karena Cuaca Buruk Lalu Dikandaskan, Bukan Tenggelam 

Adhitya juga mengaku takjub dengan kebesaran hati Tengku Syufri dan keluarga. Sebab, Tengku Syufri menumpangkan tanah untul gubuk Rusman. Selain itu, Tengku Syufri juga sering membantu Rusman, memberi makan, minum dan kebutuhan lain semampunya.

"Awalnya Pak Rusman mau buat pondok di dekat TPU, di larang sama Pak Tengku, lalu Pak Tengku menyuruh Pak Rusman memakai tanahnya di belakang rumahnya. Karena jika di kawasan TPU jauh dari warga, Pak Syufri khawatir terjadi apa-apa sama beliau," kata dia.

Baca: Ganti Rugi Rp 200 Juta Ditolak, Mediasi Warga dengan PT Samantaka Gagal

Sementara itu, Tengku Syufri sangat bersyukur atas perhatian pihak kecamatan Siak. Selama ini ia juga tidak pernah memikirkan tentang bantuan rehab rumah dari pihak lain.

Tengku Syifri awalnya mengaku terkejut dengan kedatangan Adhitya Chitra Smara dan rombongan. Walaupun niat Adhitya hanya untuk melihat Rusman yang telah viral di media sosial akibat diberitakan media massa.

Baca: Terancam Terjebak di Gua Hingga Oktober, Tim Sepak Bola Remaja di Thailand Harus Dilatih Menyelam

Tengku Syufri sendiri, adalah warga kelahiran Siak, dan seumur hidup tinggal di Siak. Ketika daerah bekas kerajaan itu sudah berkembang pesat, Syufri masih tinggal di rumah kayu yang sudah lapuk. Hampir semua material fisik rumah terlihat lapuk di makan usia.

Baca: Kasi Pidsus Kejari Siak Kini Dijabat Sonang Simanjuntak, Immanuel Tarigan Pindah ke Natuna

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur, Pak Camat tadi cakap IsnyaAllah rumah yang kami tempati sekarang diusulkan untuk mendapat bantuan rehab tahun depan," kata Tengku.(*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved