Siak

Disebut Sebagai Calon Kuat Wabub Siak, Ini Jawaban HTS Hamzah

Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Siak HTS Hamzah disebut-sebut sebagai calon kuat untuk wakil bupati Siak sisa periode 2016-2021

Disebut Sebagai Calon Kuat Wabub Siak, Ini Jawaban HTS Hamzah
Tribun Pekanbaru/Logo Siak
Logo Kabupaten Siak 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Siak HTS Hamzah disebut-sebut sebagai calon kuat untuk wakil bupati Siak sisa periode 2016-2021.

Namun, ia tidak jumawa terhadap hal tersebut sehingga mengaku belum memikirkan jabatan itu.

"Jabatan saya masih 1,6 tahun lagi, sehingga saya belum memikirkan jabatan itu. Biarkan saya fokus menyelesaikan pekerjaan dulu," kata dia, Rabu (4/7/2018).

Baca: Mengundurkan Diri, Ketua KPUD Inhil Penuhi Panggilan KPU Provinsi Riau

Saat dikonfrontir bahwa nama dia yang paling populer mendampingi Alfedri pada sisa periodenya, Hamzah hanya tersenyum. Dia juga menyebut tidak ambisius terhadap sebuah jabatan. Sebab, dirinya selama ini menerapkan orientasi kinerja untuk kabupaten Siak.

"Biarkanlah masyarakat berasumsi, menganalisa dan berpendapat. Itu wajar dan normal saja pascapemilukada. Apalagi ada jabatan politis kosong, yang harus diisi," kata dia.

Baca: Perempat Final Piala Dunia 2018, 4 dari 8 Tim yang Lolos Sandang Gelar Juara, Ini Jadwal Tandingnya 

Secara pengalaman birokrasi, Hamzah juga disebut-sebut telah mumpuni. Hampir selama mengabdi Hamzah bertugas di wilayah kabupaten Siak. Namun demikian, dia juga belum menjawab saat ditanya kapasitasnya jika menduduki jabatan wakil bupati.

"Nanti siapa pun yang jadi wakil bupati, juga orang terbaik," kata dia.

Nama Hamzah mencuat menyusul kemenangan Syamsuar pada Pilgubri 27 Juni 2018 lalu. Syamsuar sebagai bupati Siak bakal dilantik menjadi gubernur Riau. Sedangkan Alfedri yang selama ini menjadi wakil bupati Siak bakal menjadi bupati Siak.

Baca: Inilah Hasil Pleno Rekapitulasi Surat Suara Pilgubri 2018 KPUD Kabupaten Rohul

Beberapa nama yang mencuat selain Hamzah, adalah nama Indra Gunawan, ketua DPRD Siak saat ini, kemudian Nurmansyah, kepala Dinas Sosial Siak yang menjabat saat ini.

Anggota fraksi Hanura DPRD Siak, Ariadi Tarigan justru mengungkap yang berhak menduduki jabatan wakil bupati Siak dari Hanura. Alasannya, Hanura adalah partai pendukung pasangan Syamsuar-Alfedri pada Pilkada Siak 2015 lalu, dengan suara terbanyak kedua setelah PAN. Sedangkan Alfedri merupakan ketua DPC PAN Siak yang sudah jelas bakal dilantik menjadi bupati Siak.

Baca: Komisi III DPRD Riau Akan ke Lagoi Resort untuk Telusuri Aset Daerah Pemprov Riau

"Secara mekanisme politik, harusnya memang Hanura. Meskipun nama lain di luar Hanura juga berpeluang," kata dia.

Menariknya, Ariadi justru mengedepankan nama Hasmar, rekannya di fraksi Hanura DPRD Siak. Untuk diketahui, Hasmar sempat menjadi ketua DPC Hanura Siak. Namun, perjalanan karirnya di struktural puncak partai tingkat kabupaten Siak tidak berjalan lama. Belum beberapa bulan dilantik, Hasmar tidak sanggup lagi memimpin Hanura Siak sehingga mengundurkan diri.

Di lingkungan DPRD Siak sendiri, Hasmar juga dikenal sebagai anggota dewan yang irit bicara. Terlebih kepada media massa. (*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help