Tingkatkan Daya Saing, PNP Lakukan Ujian Kompetensi untuk Mahasiswa Bidik Misi

LSP Politeknik Negeri Padang (PNP) terus berupaya menghasilkan lulusan pendidikan tinggi vokasi yang memiliki sertifikat kompetensi.

Tingkatkan Daya Saing, PNP Lakukan Ujian Kompetensi untuk Mahasiswa Bidik Misi
Istimewa
Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Negeri Padang (PNP) 

Laporan Kontributor Tribunpekanbaru.com dari Padang, Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Negeri Padang (PNP) terus berupaya menghasilkan lulusan pendidikan tinggi vokasi yang memiliki sertifikat kompetensi dalam menghadapi persaingan di dunia industri dan dunia kerja.

Kepala LSP PNP, Desmiwarman mengatakan, sertifikat uji kompetensi yang berlaku secara internasional itu nantinya dapat menjadi perisai diri dalam menghadap tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia, termasuk untuk bersaing di luar negeri.

"Di dunia kerja tidak hanya melihat ijazah, tapi melihat mana yang kompeten atau tidak. Sebab di dunia kerja telah diberlakukan kompetensi untuk semua unit," kata Desmiwarman melalui rilis yang diterima tribunpadang.com, Rabu (4/7/2018) siang.

Baca: Gadis Ini Coba Beri Makan Ikan Hiu dengan Tangannya, Tapi yang Terjadi Kemudian Mengerikan. . .

Sertifikasi uji kompetisi itu, lanjutnya, digelar di Program Studi DIII Akuntansi Program Retooling Mahasiswa Bidikmisi pada Senin (2/7/2018) kemarin.

Program tersebut diikuti secara gratis oleh 77 orang mahasiswa bidik misi di PNP.

Mereka terdiri dari 40 mahasiswa akuntansi dan 37 orang mahasiswa teknik.

"Selain mahasiswa bidikmisi PNP, program sertifikasi uji kompetisi itu juga diikuti oleh 6 orang mahasiswa Politeknik Negeri Surabaya, dan mahasiswa Politeknik Negeri Madium sebanyak 4 orang," ujarnya.

Untuk perguruan tinggi, kata Desmiwarman, PNP berada di bawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang bekerjasama dengan Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti.

"Pemerintah melakukan program retooling untuk mahasiswa bidik misi, dan PNP terseleksi dari sekian banyak politeknik negeri sebagai penyelenggara, karena PNP telah mempunyai LSP tersendiri dari sejak tahun 2015 lalu," terangnya.

Baca: Pencarian KM Sinar Bangun Dihentikan, Fahri Hamzah Usul Hubungi Putin untuk Pinjam Alat Ini

Halaman
12
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help