Bengkalis

DPMD Bengkalis Bantu Pelaksanaan TMMD Ke 102 di Bengkalis

DPMD Bengkalis mendukung secara penuh pelaksanaan TMMD ke 102 yang dipusatkan di wilayah Desa Muara Basung.

DPMD Bengkalis Bantu Pelaksanaan TMMD Ke 102 di Bengkalis
Istimewa
Pelaksanaan pra TMMD di Desa Muara Basung Kecamatan Mandau sudah di mulai sejak beberapa minggu lalu merupakan kegiatan pembangunan fisik 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bengkalis mendukung secara penuh pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 102 yang dipusatkan di wilayah Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir Bengkalis mulai tanggal 10 Juli mendatang.

Bentuk dukungan tersebut DPMD Bengkalis akan bersinegri memberikan bantuan kepada Kodim 0303 Bengkalis dalam pelaksanaan pembangunan non fisik

Hal ini diungkap Kepala DPMD Bengkalis Yuhelmi kepada tribun, Jumat (7/7) pagi. Menurut dia, secara penuh DPMD Bengkalis memberikan bantuan penyuluhan sebanyak delapan penyuluhan.

"Diantaranya penyuluhan bela negara, penyuluhan kewaspadaan nasional, penyuluhan hukum, penyuluhan bidang pertanian, pengendalian penduduk, Karhutla dan beberapa penyuluhan lainnya, " kata dia.

Baca: Driver Ojol Perempuan Ini Pelopori Gerakan Sosial Para Driver Peduli Sesama

Secara pelaksanaannya penyuluhan tersebut dilaksanakan oleh pihak Kodim Bengkalis sebagai pelaksanaan TMMD. Sementara DPMD Bengkalis membantu dalam segi pendanaan kegiatan penyuluhan tersebut.

"Kita sudah menganggarkan penyuluhan tersebut dengan besaran anggaran mencapai sembilan ratus sembilan puluh tiga juta lima ratus dua puluh lima rupiah, " kata Yuhelmi.

Menurut dia, anggaran sebesar itu merupakan dana swakelola. Sehingga di kerjakan bersama sama dimana Kodim Bengkalis sebagai pelaksana kegiatannya, sementara Surat Pertangung jawabanya (SPJ) pihak DPMD Bengkalis.

"Jadi kita kerjakan bersama sama, pelaksanaan kegiatan penyuluhan di lakukan Kodim pada TMMD nantinya. Kemudian SPJ kegiatannya kita yang buat, " tersang Yuhelmi.

Baca: Sempat Absen Lawan Persibat 2 Pemain PSPS Dipastikan Ikut Lawan Perserang

Menurut Yuhelmi, kegiatan TMMD ini merupakan kegitan yang sangat baik dimana memberikan pemahaman terhadap masyarakat terutama terhadap pembagunan non fisik ini. Karena bisa menyadarkan masyarakat terhadap kepedulian bernegar dan lainya.

"Contoh kesadaraan masyarakat dalam memasang bendera tujuh belas Agustus, serta kesedian menjadi Linmas, dimana saat ini hal seperti itu masih kurang kesadarannya, " terang Yuhelmi.

Baca: VIDEO: Bunga Hidroponik di Samping Kantor Gubernur Banyak yang Mati

Menurut Yuhelmi, dalam pelaksanaan penyuluhan nantinya akan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Bengkalis lainnya. Terutama sebagai leanding Sektor pemberi penyuluhan.

"Sepertinya untuk penyuluhan bela negara nantinya yang menjadi leanding sektor pemberi pemahamannya dari Kesbangpol Bengkalis. Begitu juga dengan penyuluhan lainnya akan melibatkan OPD terkait lainnya yang berkaitan dengan materi penyuluhannya, " terang Yuhelmi. (*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help