Pejabat Eselon 2,3 dan 4 di Rohul Ikuti Kegiatan SPIP

Inspektorat Rohul, menaja Entry Meeting Rencana Penilaian Tingkat Maturitas SPIP di lingkungan Pemkab Rohul, Kamis (5/7/2018).

Pejabat Eselon 2,3 dan 4 di Rohul Ikuti Kegiatan SPIP
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menaja Entry Meeting Rencana Penilaian Tingkat Maturitas SPIP di lingkungan Pemkab Rohul, Kamis (5/7/2018), di Sapadia Hotel, Pasirpangaraian. 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menaja Entry Meeting Rencana Penilaian Tingkat Maturitas SPIP di lingkungan Pemkab Rohul, Kamis (5/7/2018), di Sapadia Hotel, Pasirpangaraian.

Kegiatan ini dalam upaya meningkatkan pemahaman terhadap Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP),

Baca: Riau Peringkat 4 Besar Kejurnas Senam Antar PPLP 2018

Kegiatan tersebut digelar berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2010, yang mewajibkan seluruh pemerintah daerah kabupaten/ kota se-Indonesia, menerapkan SPIP sampai ke level 3.

Yakni untuk memahami, menerapkan serta mengimplementasikan aturan yang sudah dibuat.

"Sebelumnya Rohul berada di level 1 dengan nilai 0,86. Sementara, Pemkab menargetkan di tahun 2018 ini, harus sudah mencpai level 3. Sehingga seluruh pegawai sudah melaksanakan, mengikuti dan mengimplementasikan aturan yang sudah ada," kata Inspektur Inspektorat Rohul, Drs. M.Munif, M.Si, usai membuka SPIP.

Baca: Temukan 13 Tower Non-Prosedural di Kampar, Satpol PP Baru Tertibkan 2 Unit

Ia menambahakan, sebagai sampel untuk penilaian secara survey persepsi, Inspektorat Rohul mengikutsertakan 600 pegawai Eselon 2,3 dan 4, dibagi shif survey, yakni shif pagi 300 orang dari 8 instansi yakni Inspektorat, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, serta Badan Kepegawaian Daerah.

"Sementara shif siang, yakni 300 orang dari 8 instansi lainnya pula yang ada di pemkab Rohul," imbuhnya.

Lebih lanjut diterangkanya, kegiatan ini dibimbing langsung oleh auditor muda BKP Perwakilan Riau, Darhaliman. Informasi dari tim penilaian tingkat SPIP Rohul.

Baca: HUT Ke-72 Bhayangkara, Polres Rohul Gelar Jalan Santai

Munif berharap setelah diadakanya kegiatan ini, 600 peserta yang mengikuti bisa benar-benar menerapkannya dalam meningkatkan pemahaman tentang SPIP sehingga dapat naik ke level 3.

"Semoga saja kita bisa naik level 3, dalam hal SPIP," harapnya.

Baca: VIDEO: ‎3 Bulan Buron, Pelaku Pembunuhan Daud Hadi Diringkus

‎Sementara, Darhilman mengaku, di Riau baru 4 kabupaten/ kota yang sudah mencapai level 3 SPIP, yakni Kabupaten Pelalawan, Kepulauan Meranti, Indragiri Hilir dan Kampar.

"Sementara untuk Rohul baru kita lakukan survey persepsi, dan untuk mengetahui Rohul berada di level berapa. Sehingga masih menunggu hasil survey dengan sampel 600 orang pegawai Eselon 2,3 dan 4 nantinya," tutupnya. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help