Indragiri Hulu

PT TPP Berikan Penyuluhan Kepada Petani untuk Tingkatkan Kualitas TBS

PT Tunggal Perkasa Plantations (TPP) melakukan penyuluhan kepada para petani kelapa sawit tentang meningkatkan kualitas TBS

PT TPP Berikan Penyuluhan Kepada Petani untuk Tingkatkan Kualitas TBS
Tribun Pekanbaru/Bynton
Para petani peserta berfoto bersama para pemateri dalam penyuluhan yang dilakukan oleh PT TPP. 

Laporan Wartawan Tribuninhu.com Bynton Simanungkalit

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Harga jual CPO yang terus menurun juga diakibatkan dari kualitas CPO yang rendah. Sementara itu, kualitas CPO juga ditentukan dari pola rawat dan pola panen kelapa sawit yang dilakukan oleh para petani.

Alasan itulah yang membuat PT Tunggal Perkasa Plantations (TPP) melakukan penyuluhan kepada para petani kelapa sawit tentang meningkatkan kualitas TBS.

Baca: 74 Rumah Tak Layak Huni di Langkai Dapat Dana Rehab Pemerintah Pusat

CDO PT TPP, Dede Putra menerangkan penyuluhan kepada para petani kelapa sawit dibagi menjadi beberapa gelombang. Sebelumnya, PT TPP sudah melakukan penyuluhan kepada petani di sejumlah desa di Kecamatan Lirik yang termasuk dalam wilayah kerja PT TPP, yakni Desa Sungai Sagu, Desa Sukajadi, Desa Mekar Sari, Desa Redang Seko, Desa Banjar Balam, Desa Seko Lubuk Tigo, Desa Sidomulyo, Desa Pasir Sialang Jaya, Desa Pasir Ringgit.

Untuk gelombang selanjutnya akan dilakukan pada Minggu ketiga di Bulan Juli 2018.

Baca: KSOP Dumai Ingatkan Kapal Jangan Kelebihan Kapasitas Angkut

Dede menjelaskan pembicara yang dilibatkan dalam penyuluhan ini merupakan tenaga ahli dari PT TPP, yakni Kepala Kebun rayon Meranti PT TPP, Putu Dharma Putra, dan Kepala Kebun rayon Sei Lala, Sarianto serta Staf Hama dan Penyakit Tanaman PT TPP.

"Pembicara yang kita hadirkan merupakan ahli pada bidangnya, sehingga para peserta bisa mendapatkan ilmu seputar perawatan kelapa sawit yang baik dan benar," kata Dede.

Sesuai dengan maksud dan tujuan pelaksanan penyuluhan tersebut, diharapkan petani bisa memahami bagaimana meningkatkan kualitas TBS.

Baca: Wagub Riau Tidak Akan Mempersulit Penyerahan Aset Pasar Cik Puan, Saya Akan Jumpai Walikota

"Saat ini terlalu banyak masyarakat mengejar buah tapi tidak melihat kualitas buah sehingga ketika diproses di pabrik kualitas CPO kita jadi berkurang nilainya, itu juga mempengaruhi harga jual CPO," kata Dede.

Dede melanjutkan, beberapa kasus sering kali buah mentah dan buah busuk banyak dikirim ke pabrik. Hal itu sangat besar menyumbang nilai kualitas CPO yang dijual sehingga terimbas ke harga CPO. Oleh karena itu, PT TPP membina masyarakat untuk merubah pola pikir masyarakat tersebut agar juga mulai memperhatikan kualitas TBS. (ton)

Tags
Inhu
CPO
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved