Rokan Hulu

Untuk Kenyamanan Pasien, RSUD Rohul Atur Waktu Besuk Pasien, Hanya Boleh di Jam Ini

RSUD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), mulai memberlakukan serta perketat kunjungan Jam besuk bagi pasien.

Untuk Kenyamanan Pasien, RSUD Rohul Atur Waktu Besuk Pasien, Hanya Boleh di Jam Ini
Tribun Pekanbaru/ Kolase
Logo Kabupaten Rohul 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), mulai memberlakukan serta perketat kunjungan Jam besuk bagi pasien.

Direktur RSUD Rohul dr. Novil Raykel mengungkapkan, ‎selain bertujuan memastikan pasien beristirahat lebih tenang dan nyaman, kebijakan itu juga merupakan langkah RSUD Rohul menstandarisasi diri, seperti halnya Rumah Sakit berkelas Nasional.

Baca: Inilah Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran Kantor Bumi Putera Cabang Dumai

Ia menambahakan, kebijakan penertiban kunjungan jam besuk pasien di RSUD Rohul ini, merupakan SOP Standar baku seluruh rumah sakit pemerintah dan swasta.

Lebih lanjut dijelaskanya, dengan diberlakukannya kebijakan tersebut, juga merupakan salah satu upaya RSUD Rohul untuk mendapatkan predikat akreditasi yang wajib dimiliki seluruh rumah sakit.

Baca: Malu Muka Bopeng? 4 Bahan Alami Ini Ampuh Menghilangkannya! Bisa Dicoba Sekarang

"SOP tersebut sebenarnya SOP Standar, namun persoalanya selama ini SOP itu tidak pernah dijalankan. Mulai sekarang kita harus tegas, karena ini demi mempercepat kesembuhan pasien sekaligus akreditasi RSUD kita ," katanya, Minggu (8/7/2018).

Novil menyebutkan, pihak Manajemen RSUD Rohul saat ini sudah membuat sistem kontrol pada jam besuk pasien. Nantinya, setiap pengunjung, harus melewati pagar yang dijaga security.

Baca: Peserta Didik Tak Tertampung dengan Zonasi, Ini Solusi dari Disdikpora Kampar

Diterangkannya, setiap keluarga pasien hanya diperbolehkan menjenguk pasien 3 kali sehari, yakni pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 Wib, Kemudian pukul 16.00 Wib hingga pukul 18.00 Wib, kemudian malam Pukul 19.30 Wib hingga 21.00 WIB.(*)

Nantinya, jelas Novil di luar jam besuk tidak ada lagi pembesuk yang berada di ruang perawatan, kecuali 1 orang keluarga pendamping yang diberikan kartu khusus.

"Kemudian, selain penertiban jam besuk pasien, anak-anak di bawah usia 12 tahun juga dilarang keras berada di ruang perawatan pasien. Tujuannya, agar anak-anak dapat terhindar dari serangan virus dan juga tertular penyakit saat berada di ruang perawatan," tegasnya.

Baca: Calon Jemaah Haji Asal Pekanbaru Akan Diterbangkan ke Batam 18 Juli 2018

Diakuinya, sejak diterapkanya penertiban jam besuk, kini manajemen memang banyak mendapat keluhan dari masyarakat, yang merasa hak mereka membesuk keluarganya dibatasi.

Tetapi, dirinya berharap agar masyarakat dapat memahami kebijakan yang diambil RSUD tersebut, demi mempercepat kesembuhan pasien.

"Kita mohon pengertian dari masyarakat. Karena apa yang kita lakukan, bukan adanya niat membatasi keluarga mengunjungi pasien tapi semata-mata demi mempercepat kesembuhan pasien, sekaligus meningkatkan standar layanan RSUD, dengan harapan kedepannya RSUD semakin dipercaya masyarakat juga lebih baik," pungkasnya.(*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved