Indragiri Hilir

Deklarasi Anti Hoax, Komitmen Masyarakat Desa Perigi Raja Kuinda Pada Poin-Poin Ini

Beberapa poin disepakati oleh masyarakat Desa Perigi Raja, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra) dalam deklarasi hoax

Deklarasi Anti Hoax, Komitmen Masyarakat Desa Perigi Raja Kuinda Pada Poin-Poin Ini
Tribun Pekanbaru/Fadhli
Pemerintah Desa Perigi Raja dan Bhabinkamtibmas setempat bersama masyarakat deklarasikan komitmen anti hoax, Selasa (10/7/2018). 

Laporan Reporter Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, KUINDRA – Beberapa poin disepakati oleh masyarakat Desa Perigi Raja, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra) dalam deklarasi hoax yang digelar Pemerintah Desa bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas setempat, Selasa (10/7/2018).

Baca: Jadi Tuan Rumah Kejurprov Panjat Tebing, Wabup Inhu: Peluang Perkenalkan Objek Wisata

Beberapa poin tersebut antara lain, menolak seluruh berita hoax dan mengandung unsur ujaran kebencian, menolak isu SARA, mendukung Polri dalam memberantas jaringan Saragen serta santun dan bijak menggunakan media sosial (Medsos).

Kepala Desa (Kades) Perigi Raja, Si'ef mengapresiasi kepedulian masyarakatnya terhadap pemberantasan hoax yang kian meluas dan sulit dibendung di dunia maya beberapa waktu belakangan.

Baca: Pemkot Gelontorkan Anggaran 1,25 Miliar Dukung Program TMMD 2018 di Dumai

“Kehadiran masyarakat dalam deklarasi telah menunjukkan keprihatinan dan kepedulian kita semua terhadap kasus hoax dan hate speech ini. Kepedulian warga merupakan kebanggaan bagi kita Pemerintah Desa Perigi Raja,” ujar Si'ef.

Baca: Tahun Ini 10 OPD Dapat DAK Rp189 Miliar, Pemprov Riau Akan Lakukan Ini

Selain memilki dampak positif, perkembangan teknologi informasi, Si'ef mengakui teknologi juga telah memberikan imbas negatif di kalangan para penggunanya.

Hal ini menurutnya dapat dilihat dari tidak sedikit oknum - oknum yang tidak bertanggung jawab terjerat dalam kasus penyalahgunaan media sosial dengan penyebaran berita palsu.

Baca: Mulai Hari Ini, Tik Tok Sudah Bisa Digunakan Lagi di Indonesia, Namun Konten Dibatasi

“Dilatarbelakangi hal tersebutlah, kami Pemerintah Desa Perigi Raja secara sadar, perlu membangun sebuah komitmen bersama, dengan saling bergandengan tangan membuat deklarasi anti hoax ini,” jelas Si'ef.

Lebih lanjut, Bhabinkamtibmas Desa Perigi Raja, Jhon Meri, menuturkan, belakangan ini masih banyak terjadi penyebaran berita palsu atau hoax yang berpotensi memecah belah bangsa serta juga penyalahgunaan media sosial yang kurang bijak oleh warga negara.

Baca: Satpol PP Dumai Tertibkan Sejumlah Tenda Toko yang Menjorok ke Trotoar Jalan

Dengan berbagai kasus yang telah terjadi ini, Jhon Meri menyatakan segenap elemen masyarakat di Desa Perigi Raja membangun komitmen bersama dan bertekad untuk memberantas hal - hal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tersebut.

Baca: Silaturahmi dengan Pangdam I/Bukit Barisan, Wako Dumai Paparkan Ini

Tampak hadir dalam kegiatan deklarasi anti hoax ini segenap elemen masyarakat dan para tokoh Desa Perigi Raja, seperti tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan tokoh masyarakat lainnya.(*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help