Bengkalis

DPMD Bengkalis Bekali Panitia Pilkades Serentak 2018 Menjelang Pendaftaran Cakades

DPMD Bengkalis terus melakukan pembekalan terhadap seluruh panitia Pilkades di 32 Desa se kabupaten Bengkalis.

DPMD Bengkalis Bekali Panitia Pilkades Serentak 2018 Menjelang Pendaftaran Cakades
Foto/net
Ilustrasi 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Menjelang tahapan penerimaan pendaftaran bakal calon kepala Desa pada Pilkades Serentak 2018 ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bengkalis terus melakukan pembekalan terhadap seluruh panitia Pilkades di 32 Desa se kabupaten Bengkalis.

Hal ini diungkap Kepala DPMD Bengkalis Yuhelmi kepada wartawan, Selasa (10/7/2018) pagi.

Menurut Yuhelmi pembekalan panitia dilakukan sejak pekan lalu terkait pelaksanaan Pilkades serentak ini. Pembekalan dilaksanakan di setiap kecamatan sejak pekan lalu agar seluruh panitia Pilkades memiliki kesamaan presepsi dalam melakukan tahapan Pilkades di seluruh desa Peserta Pilkades serentak.

Baca: Hari Bhakti Adhyaksa Ke-58, Pegawai Kejari Rohul Main Ludo

"Pengalaman tahun lalu pada Pilkades serentak panitia Pilkades tidak di kumpulkan, sehingga panitia yang ada tidak tahu apa yang akan di kerjakan," kata Yuhelmi.

Menurut dia, panitia Pilkades berbeda dengan panitia pada Pilkada maupun Pemilu di tingkat desa. Karena semua tahapan pemilihan dilaksanakan oleh panitia di desa.

"Mulai dari tahapan penyeleksian sampai tahapan pemilihannya. Untuk itu seluruh panitia di desa harus memahami semua fungsi dan tugas pokok mereka, " kata Yuhelmi

Selain para panitia Pilkades, DPMD Bengkalis pada Senin kemarin mengumpulkan seluruh LAMR kecamatan beserta LAMR Kabupaten untuk membahas terkait rekomendasi LAMR terhadap calon Kades pada Pilkades 2018 ini.

"Dimana kita memang ada persyaratan Cakades yang akan mencalonkan diri ini, sebelumnya harus memiliki rekomendasi dari LAMR kecamatan. Dalam rapat Senin kemarin itulah diberikan pemahaman dan persamaan prespsi apa saja bentuk persyaratan untuk mendapatkan rekomendasi dari LAMR agar pemberian rekomendasi tersebut tidak salan" kata dia.

Baca: Potongan Harga Rp 500 Ribu Disediakan Gerai Ini untuk Perdana Kartu Halo Telkomsel 

Menurut Yuhelmi, hal ini perlu dilakukan, karena nantinya kepala desa bukan hanya sebagai kepala desa semata. Namun juga merupakan kepala Penghulu Adat di desa mereka masing masing.

"Sehingga para Cakades perlu memahami adat istiadat di tempat dimnana mereka bertugas. Kalau mereka nanti terpilih tidak tahu adat istiadat setempat ini akan susah menjadi penghulu adat, karena jabatan penghulu adat secara umum melekat di Kepala Desa, " terang Yuhelmi.

Untuk pelaksanaan Pilkades serentak tersebut Yuhelmi memastikan akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober mendatang. Belum ada rencana pemunduran jadwal pelaksanaannya.

"Belum ada rencana pemunduran kegiatannya. Kita pastikan kegiatan Pilkades ini juga tidak terkena imbas rasionalisasi anggaran, karena Pilkades masuk dalam kegiatan skala prioritas di DPMD Bengkalis," terang Yuhelmi.

Baca: VIDEO: Di Daerah Ini Polwan Diminta Pakai Celana Pendek Saat Atur Lalu Lintas

Menuru Yuhelmi pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini dipastikan diikuti sebanyak 32 Desa yang tersebar diseluruh kecamatan yang ada di, Bengkalis. Kemudian juga untuk tahun depan DPMD Bengkalis kembali melaksanakan Pilkades serentak kembali dengan peserta sebanyak 10 Desa. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help