Rokan Hulu

Satu Kepala Keluarga di Rokan Hulu Ajukan Permohonan Kartu Keluarga Penghayat Kepercayaan

Sudah ada 1 Kepala Keluarga yang mengajukan KK Penghayat Kepercayaan di Disdukcapil Rokan Hulu

Satu Kepala Keluarga di Rokan Hulu Ajukan Permohonan Kartu Keluarga Penghayat Kepercayaan
Harian Warta Kota/henry lopulalan
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), mulai menerbitkan Kartu Keluarga (KK) bagi Penghayat Kepercayaan.

Dimana, Penerbitan KK bagi penghayat kepercayaan ini sesuai Surat Edaran (SE) Mentri Dalam Negeri Nomor 471.14/10666/Dukcapil tentang penerbitan Kartu Keluarga Bagi Penghayat kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa tertanggal 25 Juni 2018.

Surat Edaran Mendagri tersebut, merupakan tindak lanjut dari Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 97/PUU-XIV/2016 tanggal 18 Oktober 2017 dan Peraturan menteri dalam negeri nomor 118 tahun 2017 tentang blangko kartu keluarga, register dan Kutipan akta pencatatan sipil.

Baca: Jangan Jadikan Kebiasaan! Kerja Lembur Itu Bahaya dan Bisa Sebabkan 5 Gangguan Kesehatan Ini

Baca: Asal Usul Jalan Sombong di Kepulauan Meranti hingga Alasan Tak Kunjung Diperbaiki

Kepala Disdukcapil Rohul, Saiful Bahri, mengungkapkan, Pelayanan Penerbitan KK bagi Penghayat Kepercayaan sudah dimulai pada Senin (9/7/2018) di hari pertama, sudah ada 1 Kepala Keluarga yang mengajukan KK Penghayat Kepercayaan.

"Penebitan KK Penghayat Kepercayaan ini, adalah instruksi dari Menteri Dalam Negeri, atas dasar itu, kita sudah mulai melayani penerbitan KK Penghayat Kepercayaan dengan menggunakan Aplikasi yang sudah di perbarui Mendagri, dimana dalam aplikasi tersebut, Penghayat Kepercayaan ada di kolom 7," katanya, Selasa (10/7/2018).

Saiful menjelaskan, sesuai Surat Edaran Mentri dalam Negeri RI, melalui Direktorat Jendral Kependudukan dan pencatatan Sipil nomor 471.14/10666/Dukcapil tentang penerbitan Kartu Keluarga Bagi Penghayat kepercayaan Tuhan Yang Maha ESa ada beberapa syarat bagi warga yang ingin menerbitkan KK Penghayat Kepercayaan

Pertama, datannya sudah ada dalam databese kependudukan, petugas dukcapil mencetakan KK berdasarkan data yang sudah ada setelah penduduk mengisi formulir F-1.68 yaitu surat permohonan pencetakan KK dan KTP El.

Kedua, dalam hal penduduk yang ingin merubah data, dari agama menjadi penghayat kepercayaan, penduduk terlebih dahulu mengisi formulir f-169 yaitu surat pernyataan perubahan agama menjadi penghayat kepercayaan serta melampirkan formulir f-171 yaitu surat pernyataan tanggung jawab mutlak sebagai pengayat kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa.

Baca: VIDEO: Di Daerah Ini Polwan Diminta Pakai Celana Pendek Saat Atur Lalu Lintas

Baca: Susu Kental Manis Hanya Pelengkap, Bukan Pengganti ASI

Ketiga, penduduk yang akan merubah data dari Penghayat kepercayaan menjadi agama, penduduk terlebih dahulu mengisi formulir F-170 yaitu surat pernyataan perubahan Penghayat kepercayaan menjadi agama

Serta melampirkan foto copy salinan surat keterangan dari pemuka agama sesuai pasal 8 permendagri no 74 tahun 2015.

"Saat ini kita tengah melakukan pendataan terhadap jumlah warga yang menjadi penghayat kepercayaan di Rohul. selain itu, Disdukcapil Rohul juga akan melakukan sosialisasi terhadap adanya surat Edaran Mendagri ini dengan terlebih dahulu melihat Kecukupan anggaran," pungkasnya.

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help