Semester Pertama 2018, Perum Jamkrindo Realisasikan Penjaminan Sebesar 2,1 Triliun Lebih

Menutup semester pertama tahun 2018, Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia Pekanbaru, mencatat volume penjaminan sebesar 50 persen

Semester Pertama 2018, Perum Jamkrindo Realisasikan Penjaminan Sebesar 2,1 Triliun Lebih
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Menutup semester pertama tahun 2018, Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) Pekanbaru, mencatat volume penjaminan sebesar 50 persen dari total target yang telah ditetapkan selama tahun 2018.

Kepala Jamkrindo Pekanbaru, Ilham Prasojo mengatakan, realisasi penjaminan Perum Jamkrindo Pekanbaru sampai akhir Juni 2018 berkisar di angka Rp 2,1 triliun lebih.

Baca: Istri Wafat, Agustiar CJH Asal Kampar Tunda Keberangkatan

"Jadi capaian kita semester pertama ini bisa dikatakan sudah terpenuhi, dari total target sebesar Rp 4,2 triliun selama tahun 2018," jelas Ilham, Selasa (10/7/2018).

Capaian tersebut dikatakan Ilham, tumbuh sebesar 15 persen di banding periode yang sama tahun 2017.

Baca: Ratusan Buruh Pabrik Karet Demo, Kadisnaker Pekanbaru: Belum Ada Laporan Masuk ke Kita

Penjaminan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan skema Fasilitas Likuiditas Pinjaman Perumahan (FLPP), dan KUR merupakan penyumbang terbesar yaitu sebesar 40 persen.

"60 persen dari produk-produk jaminan lainnya," sebutnya.

Baca: Universitas Riau Gagas Pengembangan Sarana dan Prasarana Kampus Demi Peningkatan Kualitas Pendidikan

Dirinya mengaku, pada awal tahun 2018, Perum Jamkrindo sempat memiliki kendala oleh isu politik atau pilkada. Setelah semua itu selesai, perusahaan pun mulai bangkit dan menjalankan usahanya secara normal guna memenuhi target yang telah ditetapkan.

"Selain itu capaian Jamkrindo Pekanbaru saat ini juga tidak terlepas dari pertumbuhan bisnis, masyarakat dan mitra mulai percaya kredit mereka mendapatkan penjaminan dari Jamkrindo. Kita akan terus tumbuh, karena ekonomi pasti naik terus, kita akan selalu ikuti pertumbuhan ekonomi di Privinsi Riau," terang Ilham.

Baca: Kamis Depan Seluruh BKD Kumpul Bahas Formasi CPNS

Sampai menutup akhir tahun 2018, Ilham mengungkapkan, pihaknya masih optimis untuk bisa mencapai total target sebesar Rp 4,2 triliun itu.

Diupayakan dengan terus melakukan sosialisasi ataupun literasi keuangan terhadap masyarakat, sehingga lebih memahami fungsi perusahaan penjaminan.

Baca: Maksimalkan PAD, Pemko Pekanbaru Akan Sesuaikan Harga HGB diatas HPL

"Kita selalu upayakan tiap tahun target Jamkrindo Pekanbaru bisa tumbuh terus 10 sampai 15 persen. Kepada pihak mitra seperti Bank kita juga terus giatkan lagi upaya promosi dan sosialisasi, agar semua cita-cita kita tercapai. Ke depan kita akan terus membuka kerjasama dengan bank-bank lain sehingga menjadi lebih tahu fungsi Jamkrindo itu seperti apa. Dulu orang berpikir kita hanya menjamin pinjaman-pinjaman pemerintah, tapi saat ini kita juga menjamin sektor yang lain. Intinya kita akan terus menyadarkan masyarakat arti penting dan fungsi Jamkrindo," papar Ilham. (dri)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help