Dumai

Gelar Rapat Tertutup, Lintas Sektor Bahas Pembenahan Layanan Pelabuhan Roro Dumai-Rupat

Instansi dari lintas sektor langsung menggelar pertemuan tertutup di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai, Rabu (11/7/2018)

Gelar Rapat Tertutup, Lintas Sektor Bahas Pembenahan Layanan Pelabuhan Roro Dumai-Rupat
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Tim KSOP dan UPT Pelabuhan Penyeberangan Wilayah II Dinas Perhubungan Provinsi Riau meninjau kondisi terkini Pelabuhan Roro Dumai-Rupat, Rabu (11/7/2018). Mereka meninjau lokasi pelabuhan penyebrangan pasca rapat lintas sektor. 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM,DUMAI- Instansi dari lintas sektor langsung menggelar pertemuan tertutup di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai, Rabu (11/7/2018).

Mereka membahas penumpukan penumpang kapal roll on roll off atau roro Dumai-Rupat akhir pekan kemarin. Ratusan penumpang menumpuk di pelabuhan hingga jadwal keberangkatan tertunda.

Baca: Tak Akan Dibangun Jika Masyarakat Tak Setuju, Bagaimana Nasib Waduk Lompatan Harimau?

Membahas pembenahan layanan di pelabuhan penyebrangan tersebut. Pertemuan berlangsung selama dua jam. Perwakilan dari lintas sektor sepakat untuk benahi pelayanan bagi penumpang kapal roro Dumai-Rupat.

Mereka mengutamakan keselamatan dan kemanan para penumpang yang memakai jasa kapal penyebrangan. "Kalau jumlah penumpang tidak sesuai dengan kapasitas seharusnya, maka kapal tidak kami bolehkan untuk berlayar," tegas Kepala KSOP Dumai, Sanggam Marihot usai rapat.

Baca: Peringati HUT Bhayangkara, Ini Harapan Pemkab Inhil

Sanggam mengaku akhir pekan kemarin petugas sempat menurunkan penumpang dari kapal yang hendak berangkat. Saat itu kapal sudah melebihi kapasitas seharusnya. Jumlah penumpang dan kendaraan yang hendak menyebrang jauh melebihi kapasitas yang ada.

Benahi Sistem Pembelian Tiket

Pihak UPT Pelabuhan Penyebrangan Wilayah II Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Riau berjanji benahi sistem pembelian tiket.

Mereka memastikan jumlah tiket terjual sesuai dengan kapasitas kapal yang berangkat. Proses pembelian tiket hanya satu pintu, guna mengantisipasi ulah oknum petugas di lapangan.

Baca: Peringati HUT Bhayangkara, Ini Harapan Pemkab Inhil

"Kami bakal jual tiket sesuai kapasitas yang ada," terang Kepala UPT. Pelabuhan Penyebrangan Wilayah II Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Riau, Yasril usai rapat lintas sektor di KSOP Dumai, Rabu (11/7/2018).

Yasril menyebut bahwa pihaknya bakal membenahi sistem pembelian tiket. Mereka bakal berkordinasi dengan penanggung jawab pelayanan tiket dan operator kapal. "Bagi oknum petugas yang jual tiket di luar kapasitas bakal kita sanksi," tuturnya.

Baca: Bengkalis Matangkan Pembentukan Kota Sehat

Adanya penjualan tiket di luar kapasitas kapal diduga jadi satu pemicu penumpukan penumpang kapal roll on roll off atau roro Dumai-Rupat akhir pekan kemarin. Ratusan penumpang menumpuk di pelabuhan hingga jadwal keberangkatan tertunda. Kondisi ini menyebabkan antrian mengular. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help