Sekolah Boleh Ajukan Penambahan Kuota Siswa Zonasi, Ini Syaratnya

Disdik Riau menyebutkan Bagi sekolah yang mampu menampung siswa boleh mengajukan penambahan siswa zonasi

Sekolah Boleh Ajukan Penambahan Kuota Siswa Zonasi, Ini Syaratnya
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Ratusan wali murid melakukan aksi memprotes sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMP N 21 Pekanbaru di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kamis (5/7/2018) 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com,Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Dinas Pendidikan Provinsi Riau mengumpulkan data dan laporan seluruh Sekolah terkait pelaksanaan PPDB dengan sistem zonasi. Bagi sekolah yang mampu menampung siswa boleh mengajukan penambahan siswa zonasi.

"Makanya saya akan kumpulkan Seluruh Kepsek dan saya minta semua laporan, sekolah mana saja yang masih bisa menampung siswa, "ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau Ahyu Suhendra kepada Tribun Kamis.

Baca: Inikah Sosok Cawapres Jokowi? Ucapan Ustadz Bachtiar Dihentikan Usai Bahas TGB di Forum Ulama Dunia

Karena bagaimanapun juga menurut Ahyu Suhendra jarak 500 meter dari sekolah dengan sistem zonasi ini wajib masuk ke sekolah tersebut.

" Kita utamakan yang dekat dengan sekolah jarak 500 meter, jangan dilihatnya ke depan saja namun belakang sekolah juga harus diperhatikan, "ujar Ahyu.

Memang diakui Ahyu dengan sistem perangkingan yang dilakukan dalam seleksi sistem zonasi mengakibatkan banyak siswa yang harusnya paling dekat dengan sekolah tidak masuk.

Baca: Socbriker Persiapkan Ultah ke 18 Pada Agustus Nanti

" Kita bersyukur juga siswa yang tidak mampu wajib diterima, dan penerapan di lapangan juga banyak yang diterima, "ujarnya.

Maka dari hasil laporan Kepsek tersebut akan didapatkan sekolah mana saja yang masih membutuhkan siswa dan berpeluang untuk menerima siswa zonasi lagi.

" Kalau masih mampu menampung silahkan ajukan penambahan nanti. Kalau memang sudah penuh tidak bisa dipaksakan, "ujarnya.

Baca: Aherson Harapkan Realisasi RAD Juga Libatkan Pihak Universitas

Maka sebagai solusi bagi keluarga yang mampu diharapkan untuk memasukkan anaknya ke sekolah swasta, pihak Disdik juga akan mengumpulkan sekolah swasta untuk menampung siswa tersebut.

" Karena swasta juga menerima Dana BOS, jadi tanggungjawab kepada masyarakat juga harus menampung masyarakat, "jelas Ahyu.

Menurut data di Dinas Pendidikan Provinsi Riau sendiri jumlah pelamar PPDB SMA di Pekanbaru mencapai 7000 sedangkan daya tampung sekolah hanya 4000 orang.

Baca: Kabar Terbaru Band Geisha, Muncul Sosok Vokalis Baru, Netizen: Kak Momo, Jangan Keluar dari Geisha

" Ini paling banyak masalah di Pekanbaru, kalau di daerah tidak begitu banyak, kecuali di Duri ada juga masalah ditemukan, "ujarnya.(*)

Penulis: Nasyuha
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help