Rokan Hulu

Desa Airpanas, Desa Eks Transmigrasi di Rokan Hulu yang Menatap Lomba Tingkat Nasional

Untuk desa yang keluar sebagai juara pertama di tingkat provinsi, akan dipercaya untuk mewakili Provinsi‎ Riau di Lomba Desa tingkat nasional.

Desa Airpanas, Desa Eks Transmigrasi di Rokan Hulu yang Menatap Lomba Tingkat Nasional
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

‎TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Desa Airpanas Kecamatan Pendalian IV Koto, menjadi satu-satunya desa yang mewakili Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) di Lomba Desa Tingkat Provinsi Riau tahun 2018.

Ada dua desa yang akan adu konsep di Lomba Desa Tingkat Provinsi Riau tahun ini,‎ yakni Desa Airpanas Kecamatan Pendalian IV Koto dan Desa Dayun Kecamatan Dayun Kabupaten Siak.

Untuk desa yang keluar sebagai juara pertama di tingkat provinsi, akan dipercaya untuk mewakili Provinsi‎ Riau di Lomba Desa tingkat nasional.

Desa Airpanas sendiri sudah dikunjungi oleh Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Riau, Rabu (11/7/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

Sedikitnya 6 orang tim penilai dari Provinsi Riau berkunjung ke Desa Airpanas melakukan verifikasi, seperti Yorin Effendi, Andryco, Syahril, Nasrijal dari Dinas PUD Riau, Rosita dari Dinas Kesehatan, dan Dian Utami dari PKK Riau.

Baca: BBKSDA Perkirakan Buaya yang Serang Warga Kampar Jenis Sinyulong

Baca: Benih Jarak Asing Masuk Meranti, Dinas Perkebunan: Bibit Jarak Tak Masuk Rencana Kerja

Kedatangan tim penilai disambut oleh Plt Kepala Dinas PMPD Rohul Irpan Rido S.Sos di Kantor Desa Airpanas, didampingi Camat Pendalian IV Koto Almis, Kepala Desa Air panas Sugiono S.IP, para perangkat desa, mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) yang sedang menggelar Kuliah Kerja Nyata atau KKN di Desa Airpanas, serta para ibu-ibu PKK.

Camat Pendalian IV Koto, Almis, mengaku bangga atas prestasi yang dicapai Desa Airpanas di Lomba Desa tingkat Provinsi Riau yang mengangkat tema tentang Pembangunan Desa dengan Konsep Gotong Royong yang Melibatkan Masyarakat.

"Walaupun Desa Airpanas merupakan desa eks transmigrasi, namun dalam segi pembangunan bisa melebihi desa-desa yang sudah lama berdiri, karena di desa ini telah diterapkan semangat kegotongroyongan kepada masyarakat," katanya, jumat (13/7/2018).

Dirinya juga berharap desa air panas bisa menjadi pemenang dan mewakili Riau untuk perlombaan tingkat Nasional.

Sementara, Kepala Desa Airpanas Sugiono mengaku, saat memaparkan tentang profil desanya kepada tim penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi, membangun Desa Airpanas dengan konsep yang matang dengan berbagai perencanaan adalah untuk memajukan desa dan memakmurkan warga.

Sugiono menungkapkan, visi misi dirinya membangun Desa Airpanas adalah menjadi desa layak huni, dengan misi infrastruktur publik lengkap dan layak, fasilitas dan pendidikan layak mulai dari PAUD hingga sekolah menengah atas dengan standar nasional, serta fasilitas kesehatan layak.

"Orientasi pola fikir pembangunan kita rubah dengan menguatkan pola gotong royong, serta mengajak untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat," imbuhnya.

Baca: Brankas yang Dibawa Kabur Saat Perampokan Bersenjata di Pekanbaru Berisi STNK dan BPKB

Baca: KM Samudera Nusantara Karam di Perairan Selat Rengit Kepulauan Meranti Kamis Dini Hari

Sebelumnya, Nasrijal, salah seorang tim penilai dari Provinsi Riau menjelaskan, penilaian lomba desa dan kelurahan merupakan tindaklanjut dari evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, dimulai dari evaluasi tingkat desa dan kelurahan dan tingkat kecamatan dan analisis, vagitasi, peninjauan, klarifikasi dan tingkat kabupaten dan kota, dan seterusnya hingga lomba desa tingkat nasional.

"Tujuan dari tim juri adalah dimana bilamana ada kekurangan dan kelemahan dari desa ini tim akan memberi masukan untuk diperbaiki untuk menjadi desa mandiri," tutupnya. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help