Bengkalis

Disdagperin Bengkalis Gelar Sidang Tera Ulang Timbangan Pedagang di Empat Kecamatan

Disdagperin Bengkalis melakukan tera ulang terhadap seluruh alat ukur atau timbangan di Pasar empat kecamatan di Bengkalis

Disdagperin Bengkalis Gelar Sidang Tera Ulang Timbangan Pedagang di Empat Kecamatan
Istimewa
Ratusan timbangan milik pedagang di Pasar Palapa Jalan Durian, Pekanbaru ditera oleh Dinas Perdagangan dan perindustrian (Disperindag) Kota Pekanbaru, Selasa (13/3/2018). 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Dinas Perdagangan dan Peridustrian (Disdagperin) Bengkalis melakukan tera ulang terhadap seluruh alat ukur atau timbangan di Pasar empat kecamatan di Bengkalis.

Pasar yang dilakukan tera ulang terhadap timbangan pedagang diantaranya Pasar Kecamatan Mandau, Pasar Kecamatan Pinggir, Pasar Kecamatan Bathin Solapan, dan Tualang Mandau.

Baca: Basarnas Latihan Simulasi Penyelamatan Korban Kecelakaan Pesawat di Laut dengan RCC Singapura

Hal ini diungkap Burhanuddin Kepala Bidang Pengembangan dan Perdagangan Disdagperin Bengkalis, Rabu (18/7) siang. Sidang tera ulang dilakukan merupakan sebagai jaminan kepada masyarakat terhadap akurasi alat ukur pedagang.

Untuk kecamatan Mandau sidang sudah dilakukan semalam tanggal 17 Juli 2018. Sidang dilakukan di pasar Dewi Sartika Duri. Kemudian hari ini sidang tera ulang dilakukan di kecamatan Bathin Solapan tepatnya di kantor desa lama Boncah Mahang kecamatan Bathin Solapan.

Baca: Dampak Buruk Nonton Video Tak Pantas di HP, Bocah 9 Tahun dan 4 Temannya Rudapaksa Gadis Kecil

Sementara kecamatan Pinggir sidang tera ulang dilakukan besok bertempat di kantor desa Pinggir lama. Terakhir akan dilaksanakam sidang tera ulang pada hari Jumat di kecamatan Tualang Mandau bertempat di kantor Camat Tualang Mandau.

Menurut dia, tera ulang terhadap alat ukur pedagang ini, pihak Disdagperin Bengkalis menurunkan tim pelaksana sebanyak empat orang.

Yang terdiri dari dua orang dari tim metrologi legal dari Pekanbaru dan dua orang dari Disdagperin Bengkalis.

Baca: Ingin Hidup Sehat? Lakukan 7 Langkah Mudah Ini, Dimulai dari Bangun Tidur 

Menurut Burhanuddin, terhadap alat ukur yang di tera ulang pihaknya tidak memberikan sanksi. Namun hanya disesuaikan kembali alat ukur tersebut dengan standar nasional.

"Pada sidang tera ini memang tidak ada sanksi kita hanya membetulkan alat ukur saja. Sehingga masyarakat tidak dirugikan saat menggunakan alat ukur saat berbelanja di pasar, " ungkapnya.

Menurut Buharnuddin, meskipun tidak ada sanksi pada sidang tera ini, ke depan setelah pelaksanan sidang tera ulang pihak Disdagperin masih akan melakukan pengawasan. Jika dari pengawasan setelah sidang tera ulang masih ada alat ukur yang tidak sesuai baru akan diberikan sanksi.

Baca: Loka Brew Akan Gelar Street Gigs 5 Agustus Nanti, Ayo Ramaikan

"Sidang tera kita lakukan tahun sekali, bagi alat ukur yang telah diuji nanti akan diberikan stempel khusus. Sehingga saat pengawasan bisa di ketahui alat ukur yang digunakan pedagang sudah di tera ulang, "terangnya.

Sidang tera ulang juga akan dilakukan diseluruh kecamatan di kabupaten Bengkalis. Namun dibagi menjadi empat regional. Untuk bulan ini baru dilaksanakan di regional pertama selanjutnya akan menyusul diregional lainnya.

Baca: Serikat Pekerja Semen Padang Tuan Rumah Kongres Nasional V FSP ISI

"Sekarang baru empat kecamatan Regiona pertama Mandau, Pinggir, Bathin Solapan, Tualang Mandau. Nanti dilanjutkan regional dua di kecamatan Rupat, dan Rupat Utara, regional tiga untuk kecamatan Siak Kecil, Bukit Batu dan Bandar Laksamana. Terakhir baru regional keempat di kecamatan Bengkalis dan Bantan, " tandasnya. (sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved