Meranti

Agen Kapal Fery Sepakat Naikkan Tarif 40 Persen

Sebelumnya, tarif tiket berangkat kapal ferry rute Selatpanjang tujuan Batam direncanakan naik menjadi Rp180 ribu dari Rp100 ribu.

Agen Kapal Fery Sepakat Naikkan Tarif 40 Persen
Tribun Pekanbaru/Guruh
Para penumpang kapal Ferry mengantar melewati titian agar bisa menaiki kapal di Pelabuhan Tanjung Samak, Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti. 

Laporan Reporter Tribunpekanbaru.com, Guruh BW

TRIBUNPEKANBARU.COM, SELATPANJANG - Setelah tiga jam tawar menawar tarif tiket, Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti dan sejumlah agen kapal fery rute Selatpanjang tujuan Batam dan Tanjung Balai Karimun menemui kata sepakat.

Hearing yang juga dihadiri oleh Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Selatpanjang, Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Meranti dan Manager Kawasan Cabang Pelindo Selatpanjang tersebut sepakat menaikkan tiket hanya sebesar 40 persen dari harga semula.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Darwin Susandi mengungkapkan, kenaikan tiket sebesar 40 persen tersebut akan berlaku untuk semua rute di Kabupaten Kepulauan Meranti tujuan Batam dan Tanjung Balai Karimun.

Baca: Demi Janji, Wagub Nasrul Abit Nekat Terobos Jalan Muara Sangir-Tanah Galo 44 Km Selama 6 Jam

Baca: GIIAS 2018 : Toyota Usung Tema Empowering Mobility, Beyond Possibility

Darwin mengungkapan, untuk tarif tiket kapal ferry rute Selatpanjang tujuan Batam yang akan diberlakukan sebesar Rp140 ribu dan PP Rp260 ribu.

Sedangkan rute Selatpanjang tujuan Tanjung Balai Karimun Rp110 ribu dan PP 200 ribu.

"Sedangkan untuk rute dari pelabuhan lainnya di Meranti yang tujuannya ke Batam dan Tanjung Balai Karimun tinggal menyesuaikan saja," ujar Darwin, Rabu (1/8/2018).

Ia juga mengatakan, tarif tersebut akan mulai diberlakukan pada Kamis (2/8/2018) besok.

Baca: Orangtua Murid Ini Merinding Begitu Mengetahui Surat Permintaan Penundaan Vaksin MR dari MUI

Langkah tersebut terpaksa diambil agar dunia usaha transportasi di Meranti tetap bergairah.

"Namun konsekuensinya, pihak agen kapal harus meningkatkan pelayanan terhadap penumpang," ujarnya.

Sebelumnya, tiga agen kapal fery rute Selatpanjang tujuan Batam dan Tanjung Balai Karimun berencana menaikkan harga tiket mencapai 80 persen.

Sebelumnya, tarif tiket berangkat kapal ferry rute Selatpanjang tujuan Batam direncanakan naik menjadi Rp180 ribu dari Rp100 ribu.

Baca: Agen Kapal Gebrak Meja Saat Hearing dengan DPRD Meranti

Sedangkan untuk rute Selatpanjang tujuan Tanjung Balai Karimun harga tiket berangkat direncanakan naik menjadi Rp110 ribu dari Rp70 ribu.

Kenaikan harga tersebut dinilai terlalu tinggi oleh warga Meranti.

"Sebelumnya PP dari Selatpanjang ke Batam bisa Rp180 ribu, jika naik berarti menjadi Rp340 ribu. Begitupun dengan tiket ke Balai,. Awalnya PP bisa Rp130 ribu, kalau naik berarti Rp240 ribu untuk PP," ujar Fahmi.

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved