Ini Tanggapan Diskes Siak Terkait Vaksinasi Measles Rubella

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Siak R Tonny Chandra menyatakan sangat menghormati surat MUI yang meminta pengunduran

Ini Tanggapan Diskes Siak Terkait Vaksinasi Measles Rubella
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Turn off for: Indonesian Imunisasi Measles Rubella (MR) diberikan kepada para murid di SDN 002 Pekanbaru, Selasa (1/8/2018). Pelaksanaan imunisasi yang dimeriahkan dengan penampilan karakter pahlawan super tersebut merupakan tanda dimulainya pelaksanaan imunisasi MR di Riau. Campak dan rubella merupakan penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus campak dan rubella. Campak dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti radang paru, radang otak, kebutaan, gizi buruk bahkan kematian. Sedangkan rubella biasanya penyakit ringan pada anak, akan tetapi bisa menulari ibu hamil pada trimester pertama awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecelakaan pada bayi yang dilahirkan. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Siak R Tonny Chandra menyatakan sangat menghormati surat MUI yang meminta pengunduran pemberian vaksinasi itu Measles Rubella (MR). Namun, ia menjamin bahwa vaksinasi itu sangat aman dan bermanfaat bagi anak.

"Itu kan imunisasi untuk mencegah campak dan rubella. Namanya imunisasi measles dan rubella. Jadi benar-benar untuk mencegah campak dan rubella. Soal kemudian ada zat seperti minyak babi yang ada di dalamnya, sebagaimana yang diisukan, saya memang tidak tahu, karena itu dipusat. Soal aman atau tidak, tentu kami bertanggungjawab," kata dia, Rabu (1/8/2018).

Baca: Neysa Bingung Mau Vaksin Anak

Baca: Politisi PKS Minta Pemprov Riau Hentikan Vaksinasi MR

Ia menjelaskan, measles disebut dengan campak. Itu merupakan penyakit infeksi menular, melalui saluran nafas, yang disebabkan oleh virus yang dapat menyebabkan komplikasi serius seperti diare, radang paru, radang otak dan kebutaan.

Sedangkan Rubella, merupakan penyakit ringan pada anak. Tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan

"Program itu untuk mewujudkan eliminasi campak dan pengendalian pemyakit rubella (congenital rubella syndrome)," kata dia.

Ia menambahkan, imunisasi MR diberikan kepada anak, untuk melindunginya dari penyakit kelainan bawaan. Seperti gangguan pendengaran, penglihatan, jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan.

"Jadi saya minta warga tidak usah gusar. Karena ini program negara tidak mungkin aneh-aneh atau dapat merugikan generasi emas di negara kita ini," kata dia.

Penulis: Mayonal Putra
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help