Indragiri Hilir

Masyarakat Inhil Bisa Akses Informasi Perda Lewat Website Satpol PP Inhil dan Aplikasi Ini

Masyarakat Inhi saat ini telah bisa mengakses informasi seputar Satpol PP, Melalui website Satpol PP Inhil yaitu www.satpolppinhil.go.id

Masyarakat Inhil Bisa Akses Informasi Perda Lewat Website Satpol PP Inhil dan Aplikasi Ini
Tribun Pekanbaru/T Muhammad Fadhli
Bupati Wardan luncurkan website Satpol PP Inhil yaitu www.satpolppinhil.go.id. dan aplikasi android 'SIAP POL PP INHIL' 

Laporan Reporter Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TEMBILAHAN – Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhi) saat ini telah bisa mengakses informasi seputar Satpol PP, penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah.

Melalui website Satpol PP Inhil yaitu www.satpolppinhil.go.id. dan aplikasi android 'SIAP POL PP INHIL' (Sistem Informasi Terpadu Satpol PP Indragiri Hilir), masyarakat akan lebih cepat mengaksesnya serta memudahkan jajaran Pemerintah Kabupaten merumuskan kebijakan berdasarkan pada informasi yang berkembang.

Baca: Laman LPSE Kampar Tak Dapat Diakses, Begini Tanggapan Diskominfo

Website dan aplikasi ini juga telah resmi di luncurkan oleh Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan di aula Kantor Bupati Inhil, Tembilahan, Rabu (1/7/2018).

Baca: VIDEO: H&M Hadir Memberi Pilihan Baru Bagi Produk Fashion Pekanbaru

Bupati Inhil HM Wardan menuturkan, peluncuran ini dilakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan informasi seputar Satpol PP Inhil, penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah bagi masyarakat melalui inovasi digital yang telah menjadi tuntutan di era teknologi informasi.

“Website dan aplikasi android ini berfungsi sebagai sarana memenuhi kebutuhan informasi dan sebagai wujud transparansi oleh Satpol PP Inhil,” ungkap Bupati.

Baca: Mako Polres Rohul yang Baru Akan Dilengkapi Fasum dan Rumdis

Peluncuran website dan aplikasi android, menurut Bupati, juga merupakan bagian dari upaya Satpol PP Inhil mengantisipasi berita hoax yang marak beredar akhir - akhir ini.

“Keberadaan website dan aplikasi tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar dan diharapkan mampu mengantisipasi penyebaran hoax atau setidaknya meminimalisir,” pungkas Bupati.

Baca: Dinas Kebudayaan Sumbar Gelar Sayembara Menulis Cerita Rakyat Berbahasa Minang. Ini Dia Syaratnya

Lahirnya website dan aplikasi android 'SIAP POL PP INHIL' ini, ternyata tidak hanya berfungsi sebagai sarana penyampaian informasi bagi Satpol PP Inhil, melainkan juga sebaliknya, dengan menerapkan pola penyampaian dua arah dari masyarakat.

Inovasi digital yang diluncurkan Satpol PP Inhil juga mengakomodasi penyampaian informasi dari masyarakat berkenaan dengan pelanggaran Peraturan Daerah, ketentraman masyarakat dan ketertiban umum.

Baca: Dinas Kebudayaan Sumbar Gelar Sayembara Menulis Cerita Rakyat Berbahasa Minang. Ini Dia Syaratnya

Menurut Kepala Satpol PP Inhil, TM Syaifullah, masyarakat dapat mengirimkan informasi dalam bentuk laporan atau berita kepada pihak Satpol PP Inhil untuk kemudian dipublikasikan melalui website resmi dan aplikasi android milik Satpol PP Inhil.

“Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan, sebab tujuan lain peluncuran website dan aplikasi ini juga adalah untuk memonitor kinerja Satpol PP dalam penegakan Perda dan menciptakan ketertiban umum," jelas TM Syaifullah.

Lebih lanjut, TM Syaifullah mengungkapkan, untuk dapat mengakses informasi seputar Satpol PP Inhil dan Peraturan Daerah serta Peraturan Kepala Daerah, masyarakat juga dapat mengunduh aplikasi android 'SIAP POL PP INHIL' melalui penyedia aplikasi, seperti Playstore, Google Play dan lainnya.

Baca: Dinas Kebudayaan Sumbar Gelar Sayembara Menulis Cerita Rakyat Berbahasa Minang. Ini Dia Syaratnya

Pada acara peluncuran ini juga dilaksanakan serangkaian kegiatan lainnya, yakni sosialisasi program 'SAPALAH' atau Satpol PP Sapa Sekolah, sosialisasi program 'KAMI CINTA TRANTIB' atau Kader Muda Indonesia Cinta Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum, sosialisasi Peraturan Bupati Inhil Nomor 19 tahun 2018 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 11 tahun 2016 tentang Pembinaan, Pengawasan dan Penindakan Ketertiban Umum dan Penyakit Masyarakat serta Penandatanganan Komitmen Bersama Penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.(*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved