Dumai

DKPP Kota Dumai Kerahkan Dokter Hewan untuk Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai memprediksi tidak terjadi peningkatan jumlah hewan kurban pada Idul Adha 1439 H

DKPP Kota Dumai Kerahkan Dokter Hewan untuk Periksa Kesehatan Hewan Kurban
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Sejumlah petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai mendatangi satubpengepulan hewan kurban di Kota Dumai. Ada 10 dokter hewan bakal memeriksa kesehatan hewan kurban di Dumai jelang Idul Adha 1439 H. 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM,DUMAI- Pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai memprediksi tidak terjadi peningkatan jumlah hewan kurban pada Idul Adha 1439 H. Kondisi ini lantaran belum terlihat adanya geliat penambahan jumlah hewan kurban di tahun 2018. Jumlah hewan kurban hanya berkisar 2000 ekor.

Baca: Inilah Klasemen Sementara MotoGP 2018 Usai MotoGP Ceko, Valentino Rossi Posisi Kedua

Hewan kurban itu terdiri dari Sapi, Kerbau dan Kambing. "Kalau jumlah dari perkiraan kita kurang lebih sama dengan tahun lalu yakni 2000 ekor," papar Kepala DKPP Kota Dumai, Hadiyono kepada Tribun, Minggu (5/8/2018).

Menurutnya, pihak dinas belum menghitung secara pasti jumlah hewan kurban yang ada di momen Idul Adha tahun ini. Mereka baru melakukan penghitungan dua hari sebelum Idul Adha. Ia menyebut saat itu jumlah hewan kurban yang ada sudah terdata menyeluruh.

10 Dokter Hewan

Pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai bakal mengerahkan Tim Pengendalian dan Pemeriksaan Hewan Kurban pada Idul Adha 1439 H. Mereka mempersiapkan sekitar 10 dokter hewan untuk memastikan kondisi kesehatan hewan kurban. Ada 50 anggota tim mendampingi dokter yang memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban.

Mereka menyabar di titik penjualan dan pengepulan hewan kurban. Lokasinya tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kota Dumai. "Hewan yang dinyatakan sehat akan diberi bukti berupa kalung dan bukti surat kesehatan hewan ternak," ulas Kepala DKPP Kota Dumai, Hadiyono kepada Tribun, Minggu (5/8/2018).

Pihak dinas juga mengimbau agar pedagang hewan kurban di Kota Dumai tidak menjual hewan yang sakit. Hadiyono memastikan bakal menandai hewan kurban yang sakit. Pihak dinas tidak akan memberi surat keterangan sehat bagi hewan kurban kepada penjual atau pengepulnya.

"Bila sesuai hasil pemeriksaan hewan kurban itu tidak sehat, maka kami tidak akan memberikan surat keterangan sehat," paparnya. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help