Indragiri Hilir

Nelayan Kuala Enok Terima 14 Unit Bantuan Kapal Motor dari Kementerian Kelautan

Kelompok nelayan di Inhil ini mendapat bantuan 14 unit kapal motor dari pemerintah pusat. Selain itu juga ada bantuan alat kerja lainnya

Nelayan Kuala Enok Terima 14 Unit Bantuan Kapal Motor dari Kementerian Kelautan
Tribun Pekanbaru/T Muhammad Fadhli
Perwakilan direktorat pendayagunaan Pulau Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan RI DR Ahmad Haris menyerahkan Bantuan Kapal Motor mesin 0,5 GT dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Kepada Bupati Inhil HM Wardan MP untuk selanjutnya diserahkan langsung kepada ketua Nelayan Usaha Bersama Sehati desa Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah kabupaten Inhil, Minggu (5/8/2018). 

Laporan Reporter Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TEMBILAHAN – Kelompok Nelayan Usaha Bersama Sehati (Kube Sehati), Desa Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah kabupaten indragiri Hilir (Inhil) mendapatkan 14 Unit bantuan Kapal Motor mesin 0,5 GT dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

Baca: Imigrasi Dumai Belum Pastikan Ada Keterlibatan oknum WN Bangladesh dalam Penyelundupan Manusia

Tidak hanya kapal motor, para nelayan – nelayan kecil juga mendapatkan 750 bantuan khusus antara lain, penangkapan kepiting untuk nelayan kecil dalam wilayah kecamatan tanah merah.

Bantuan di Serahkan Langsung oleh perwakilan direktorat pendayagunaan Pulau Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan RI DR Ahmad Haris Kepada Bupati Inhil HM Wardan MP untuk selanjutnya diserahkan langsung kepada ketua Nelayan Usaha Bersama Sehati desa Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah kabupaten Inhil, Minggu (5/8/2018).

Baca: Besok Kadispora Riau Direncanakan Buka Peparpeda IX Riau 2018 di GOR Nuansa

Bupati inhil HM Wardan MP mengajak nelayan yang tergabung di dalam Kube Sehati yang ada di kuala enok untuk bersyukur dengan bantuan pompong sampan dan peralatannya.

“Maka untuk itu supaya ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan yang terpenting bagi kita nelayan kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan sungai kita ini,” ujar bupati.

Baca: Liburan ke Pantai Nagita Slavina Pakai Tas Mini Ini, Harganya Capai 30 Juta Lebih

Melalui bantuan ini Bupati Mengajak kepada para nelayan untuk bisa menjaga kelestarian alam sekitar dan tidak lagi menangkap ikan, udang dengan meracun, tuba, sentrum listrik dan lain – lain.

“Saya menghimbau kepada seluruh nelayan kita, masyarakat kita, mari bersama -sama menjaga kelestarian sungai ,laut kita dan senantiasa mempedomani ketentuan perundang-undangan yang ditetapkan,” tutur bupati.

Baca: Keren Abis! Begini Penampilan Mobil Berdesain Robotik Lexus LS+ di GIIAS 2018, Intip Videonya

Lebih lanjut, Kasubdid Pulau-pulau kecil dan Terluar perwakilan direktorat pendayagunaan Pulau Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, DR. Ahmad Haris, mengharapkan Pemerintah Kabupaten Inhil bisa mendukung Pemanfaatan bantuan tersebut, terlebih Inhil memiliki Hutan mangrove terluas di Indonesia.

“Bantuan ini sebagai langkah awal ke depan kita lebih konsepkan lagi, bagaimana langkah -langkah dilakukan terwujud dan keinginan pemerintah Inhil sebagai pusat kepiting Indonesia,” ucapnya.

Baca: Liburan ke Pantai Nagita Slavina Pakai Tas Mini Ini, Harganya Capai 30 Juta Lebih

Untuk mendukung pemanfaatan bantuan, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Inhul Drs. H. Mukthar. T, MH, menuturkan, pihaknya akan memonitor bagaimana pemanfaatan dan perkembangan ekonominya.

“Dengan bantuan bantu alat ini, bagaimana nelayan setempat dapat memanfaatkan sumber daya ikan terutama dapat mempertahankan kelestarian dan sama-sama kelompok mensosialisasikan menjaga alam sekitarnya demi sumber daya alam yang ada di kabupaten inhil,” imbaunya.

Baca: Liburan ke Pantai Nagita Slavina Pakai Tas Mini Ini, Harganya Capai 30 Juta Lebih

Sementara itu, Ketua Kelompok Usaha Bersama Sehati, Fitriadi, SE, berterimakasih kepada bupati, Dinas Perikanan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang telah memberikan bantuan berupa armada alat tangkap yang di distribusikan.

“Alhamdulillah yang diberikan ini menambah kesejahteraan nelayan-nelayan kami khususnya di Areal penangkapan tanjung baru,” imbuhnya.

Baca: Di Jalanan Pekanbaru Ganas 10 Kali Menjambret, Uangnya Buat Judi Online dan Nyabu

Terakhir Fitriadi berharap, bantuan bisa meningkatan hidup kesejahteraan masyarakat dan menambah ekonomi masyarakat Setempat.(*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved