Siak

Desa di Siak Ini Jadi yang Terbaik Setelah Terapkan Aplikasi Android untuk Pelayanan Masyarakat

Kampung Dayun keluar sebagai kampung terbaik di provinsi Riau. Lewat inovasi Simade yang dikembangkan menjadikan kampung di Siak ini jadi yang terbaik

Desa di Siak Ini Jadi yang Terbaik Setelah Terapkan Aplikasi Android untuk Pelayanan Masyarakat
Tribun Pekanbaru/Logo Siak
Logo Kabupaten Siak 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK -Penghulu Kampung Dayun, Nasya Nugrik sangat gembira kampungnya keluar sebagai kampung terbaik di provinsi Riau. Pengumuman tersebut sudah disampaikan pihak provinsi pada Senin (6/8/2018) kemarin.

Menurut Nugrik, hasil penilaian tim lomba desa/kelurahan provinsi tersebut bukanlah target utama. Namun, ia hanya berupaya menciptakan inovasi dengan memanfaatkan perlengkapan pribadi masyarakat. Seperti pelayanan berbasis aplikasi android.

Baca: Barang Bukti 1,2 Kilogram Sabu-Sabu Diduga Dipasok dari Palembang

"Alhamdulillah kita bisa juara pertama, ini berkat kerja keras seluruh masyarakat dan perangkat desa," kata Nugrik, Selasa (7/8/2018).

Sebelumnya di hadapan tim juri, pria kelahiran 26 November 1987 itu memaparkan sejumlah inovasi yang telah dirintisnya setahun belakangan. Seperti, SIMADE (Sistem Informasi Manajemen Desa) Dayun, yakni pelayanan masyarakat melalui aplikasi android.

Baca: Bandar dan Dua Pengedar Narkoba Dibekuk Polisi, Barang Bukti 1,2 Kg Sabu-Sabu Diamankan

"Dengan Simade masyarakat dimudahkan dalam pengurusan administrasi surat, dokumen kependudukan dan catatan sipil," jelas Nasya Nugrik.

Selain itu, lanjut dia, ada teknologi tepat guna berupa tong sampah komposter. Yakni tong sampah pengolah limbah rumahtangga yang bisa dijadikan pupuk. Produksi pupuk tersebut semakin banyak dan semakin dapat dimanfaatkan masyarakat.

Baca: Jumpa di Semifinal, Begini Catatan 5 Kali Pertemuan Timnas Indonesia dan Malaysia di Piala AFF U-16 

Tidak hanya itu, banyak warga di Kampung Dayun membudidayakan buah semangka. Bahkan semangka sudah menjadi produk unggulan lokal. Saat ini juga sudah ada produk turunannya, jelly semangka. Bahkan, jelly semangka juga sudah dapat dijual sampai ke luar daerah.

"Kami juga komitmen menjaga Taman Nasional Zamrud sebagai tempat wisata edukasi bagi para peneliti, baik di dalam maupun luar negeri," kata dia.

Baca: Jaksa Periksa Tersangka Kredit Fiktif BRI Agro di Riau Senilai Rp 4 Miliar

Selain itu, alumnus Universitas Riau ini memang memiliki segudang inovasi dalam memimpin. Ikhlas dalam bekerja dan tulus dalam melayani itulah motto kerjanya.

Bupati Siak Syamsuar juga mengaku bangga terhadap Nugrik. Ia mengucapkan selamat untuk Penghulu Dayun dan Camat Dayun atas prestasinya tersebut. Bahkan harus menjadi motivasi bagi kampung lainnya.

Baca: Sarah Fadila Pesilat Berprestasi dari Dumai, Wakili Riau pada Ajang O2SN Tingkat Nasional

"Selamat untuk Kampung Dayun sebagai desa terbaik se Riau, terimakasih Pak Penghulu, dan Kadis PMK," ucap Syamsuar.

Informasi yang dihimpun Tribun, hadiah lomba desa/kelurahan tingkat provinsi Riau tersebut akan diserahkan usai upacara Hari Ulang Tahun Prov Riau di halaman Kantor Gubernur.(*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help