Pileg 2019

KPU Segera Umumkan Nama Bacaleg untuk Kota Pekanbaru

Mulai Rabu (8/8) besok, akan diketahui nama-nama bakal calon legislatif yang lolos dan tidak lolos untuk DPRD Kota Pekanbaru

KPU Segera Umumkan Nama Bacaleg untuk Kota Pekanbaru
Tribunpekanbaru/rinosyahril
Ketua Demokrat Pekanbaru Agung Saat Antar Nama Celeg ke KPU Pekanbaru 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU -- Mulai Rabu (8/8) besok, akan diketahui nama-nama bakal calon legislatif yang lolos dan tidak lolos untuk DPRD Kota Pekanbaru, yang akan ditetapkan menjadi Daftar Calon Sementara (DCS).

Ketua KPU Pekanbaru, Yeli Noviza mengatakan, hingga Selasa (7/8) pihaknya masih melakukan pengecekan, baik nama, gelar, dan hasil perbaikan lainnya yang sudah diserahkan partai politik pada masa perbaikan sebelumnya.

"Saat ini kami masih cek kembali, kesalahan nama, gelar, dan lainnya. Saat proses verifikasi yang lalu cukup banyak masuk perbaikan. Sehingga, besok sudah bisa kita tetapkan DCS, dan bisa diketahui yang lolos dan tak lolos," kata Yeli Noviza kepada Tribun, Selasa.

Baca: Dojang Beringin Raih 7 Medali di Taekwondo Piala Danlanal Batam

Sedangkan untuk pengumuman DCS, menurut Yeli, pihaknya sudah harus melaksanakan paling lambat tanggal 12 Agustus 2018 ini, karena dalam PKPU sudah ditetapkan rentang waktu penetapan DCS tersebut.

Dikatakan Yeli, pihaknya cukup bekerja keras dalam melakukan verifikasi ulang, pasalnya masing-masing partai memiliki jumlah Bacaleg 45 orang.

"Kami lumayan bekerjanya dalam beberapa hari ini, karena setiap partai ada 45 Bacaleg," imbuhnya.

Dia menambahkan, pihaknya membuat 4 kelompok kerja, dan 1 partai memverifikasi 3 partai.

"Setiap kelompok kerja juga didampingi 1 komisioner KPU," ulasnya.

Baca: ACTA Deklarasikan Dukungan Untuk Ustaz Abdul Somad Jadi Cawapres Prabowo di Pilpres 2019

Hingga saat ini, pihak KPU Pekanbaru belum ada menemukan adanya Bacaleg mantan koruptor, karena sebelum pembahasan pleno, KPU telah terlebih dahulu melakukan penelitian.

"Tapi hasil tersebut nantinya tetap akan diputuskan dalam rapat pleno bersama seluruh komisioner. Namun sejauh ini yang melanggar PKPU nomor 20 tahun 2018emang belum ada kami temukan.

Sedangkan untuk pengumuman penetapan DCS menurut Yeli akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Selanjutnya barulah KPU membuka masukan serta pendapat dari warga Kota Pekanbaru, apakah ada Bacaleg yang melanggar aturan dalam PKPU 20 atau tidak.

Baca: Inspektorat Sebut Surati Dinas Terkait sebagai Tindaklanjut Temuan BPK soal Proyek Semenisasi

"Setelah pengumuman DCS kita laksanakan, barulah kemudian prosesnya tahapan masukan dari masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Riau, Abdul Hamid mengatakan, pihaknya menjadwalkan penetapan DCS sekira tanggal 10 hingga 12 Agustus 2018 mendatang.

"Kita rencanakan Jumat (10/8), tapi kita lihat perkembangannya kedepan, karena sampai saat ini masih kita proses verifikasi ulang, masih ada waktu, dan masih sesuai dengan jadwal," tuturnya.

Penulis: Alex
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved