Ibadah Haji 2018

Sejumlah Jamaah Haji Rohul Sakit Ringan dan 1 Orang Dirawat di KKHI Saat Tiba di Mekkah

Kepala Kantor Kemenag Rohul, Drs H Syahrudin MSy, mengungkapkan JCH Rohul tergabung di Kloter 18 Embakasi Batam.

Sejumlah Jamaah Haji Rohul Sakit Ringan dan 1 Orang Dirawat di KKHI Saat Tiba di Mekkah
Foto/Istimewa
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN -‎ Dua Tim Petugas Haji Daerah (TPHD), dan 398 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sudah tiba di tanah suci Mekkah, Arab Saudi pada Selasa (7/8/2018) sekitar pukul 21.30 WAS (Waktu Arab Saudi).

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Rohul, Drs. H. Syahrudin MSy, mengungkapkan, JCH Rohul tergabung di Kelompok Terbang (Kloter) 18 Embakasi Batam.

Ia menambahkan, berdasarkan laporan Ketua Kloter 18, jumlah JCH di Kloter 18 ada 446 orang,‎ terdiri 5 petugas Kloter, 2 TPHD, 1 TKHD, 398 JCH asal Kabupaten Rohul, 19 JCH asal Kabupaten Pelalawan, 16 JCH asal Kabupaten Kampar, 3 JCH Tanazul asal Pelalawan (JCH pindah Kloter karena sebelumnya sakit), dan 2 JCH asal Provinsi Kalimantan Barat.

Baca: Kakek Ini Pasang 11 Ponsel di Sepedanya, Tiap Bulan Habiskan Rp 21 Juta, Ternyata Untuk Hal Ini

Diterangkannya, pesawat Saudi Arabian Airlines yang mengangkut JCH Kloter 18 take off dari Bandara Hang Nadim Batam pada Senin siang (6/8/2018) pukul 12.37 WIB, dan baru tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada pukul 17.00 WAS.

Diakuinya, setelah menjalani proses di Imigrasi Jeddah, JCH Kloter langsung niat Ihrom Umroh di Bandara King Abdul Azis Jeddah.

Selanjutnya JCH naik bus dari Jeddah Senin malam pukul 20.00 WAS, menuju Mekkah dan baru tiba pukul 21.30 WAS.

"Setelah masuk hotel atau maktab pukul 12.00 WAS (Selasa, 7 Agustus), jemaah menuju Masjidil Harom untuk pelaksanaan umroh (thawaf, sai, tahallul)," katanya, Rabu (8/8/2018).

Baca: 40 Hari Lagi Tour de Siak 2018 Dibuka, Ini 4 Etape yang Baka Dijejal Pebalap

Syahrudin mengaku, hampir semua JCH Rohul ikut melaksanakan umroh, kecuali JCH yang sedang sakit dan yang sedang berhalangan.

"Jemaah alhamdulillah sehat, tapi ada beberapa orang sakit," terangnya.

Syahrudin memaparkan, pada Selasa, seorang JCH asal Rohul atasnama Misniwati sempat dirujuk ke Klinik Sektor karena mengalami sesak nafas, namun sudah sembuh dan kembali ke hotel/ maktab.

"Ada satua orang jemaah lagi yang dirujuk ke KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia) dengan nama Iis Umad disebabkan sakit kencing manis, upus atau luka diabetik dan masih dirawat‎," terangnya.

Lebih lanjut diakuinya, secara keseluruhan JCH Rohul dalam kondisi sehat. Memang ada beberapa JCH yang sakit, namun sebatas hipertensi, pilek dan sakit kepala‎.‎

"Selain sakit, ada seorang JCH Rohul atasnama Andir sempat mengaku kehilangan uang‎. Belakangan uang ditemukan, dan ternyata dibawa oleh istrinya," imbuhnya.

Baca: Korban Menolak Saat Diajak Hubungan Intim oleh 2 Pria, Mayatnya Lalu Ditemukan dalam Sumur

Syahrudin menghimbau kepada seluruh JCH untuk fokus dalam melaksanakan ibadah, dan kepada petugas kesehatan maupun haji tetap melakukan monitoring kepada seluruh JCH Rohul. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved